Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perbaikan Rumah Rakyat Berlanjut Di Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20364.jpg

    BANDUNG-Program perbaikan rumah rakyat melalui peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, akan dilanjut di Jabar. Hal demikian, diungkapkan Wagub Jabar, H. Deddy Mizwar, dalam eksposenya saat acara kunjungan DPD RI, ke Gedung Sate, Jum’at (9/12).

    Wagub, lebih lanjut memaparkan, program fasilitasi rumah di tahun 2017 dilaksanakan bekerjasama dengan perbankan,  pengembang, dan kelompok  profesi informal (nonkable) untuk memfasilitasi kelompok profesi informal agar dapat memiliki rumah.

    Program perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) telah dilaksanakan sejak tahun 2014. Pemprov.Jabar mentargetkan Rutilahu sebanyak 100.000 unit.  Untuk tahun 2017, perbaikan rutilahu di pedesaan dilaksanakan oleh Diskimrum Prov.Jabar. Adapun realisasi rutilahu melalui dukungan APBN dalam tahun 2016 di Jabar mencapai 4.000 unit. Perbaikan rutilahu tersebar di 10 Kabupaten masing-masing : Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Majalengka, Indramayu, Subang dan Pangandaran, jelas Wagub Demiz.

    Wagub, lebih lanjut memaparkan, untuk fasilitasi rumah rakyat, program sejuta rumah kembali dilanjut. Di tahun 2016, melalui partisipasi Apersi dibuat rumah susun sebanyak 300 unit. Rusunawa juga direncanakan siap dibangun di beberapa lokasi.

    Rusunawa, akan dibangun untuk memfasilitasi kebutuhan rumah untuk para pekerja industri, sehingga lokasinya dibangun di pusat-pusat kawasan industri, antara lain : Kabupaten Sumedang, KBB, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cirebon serta Kabupaten dan Kota Sukabumi.

    Untuk kepentingan pembangunan rusunawa, sudah disiapkan pembebasan lahan . Sementara, konsep pengelolaannya dilakukan melalui konsep BLUD dan konsep aparatemen transit dengan menggulirkan program gempita. Dukungan sarana, ujar Wagub  juga disiapkan yang meliputi dukungan sanitasi dan fasilitasi sarana air minum. (NR)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus