Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bogor Expo Pasar Tani Hadirkan Sembako Murah

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20425.jpg

    KOTA BOGOR-Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI menggelar Bogor Expo Pasar Tani 2016, Rabu (14/12/2016) di Pasar Devris Jalan Veteran Bogor. Kegiatan yang berlangsung hingga tiga hari ke depan, Jumat (16/12/2016) mendatang, bertujuan mewujudkan ketahanan pangan di masyarakat. Pasalnya harga sembako yang dijual Kementerian Pertanian RI melalui Toko Tani Indonesia (TTI) lebih murah dibanding harga pasar.

    Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Ketahangan Pangan Kementerian Pertanian RI Beni Rahman mengatakan, kegiatan seperti ini sangatlah penting dan strategis dalam rangka menyebarluaskan hasil dari petani lokal sekaligus memperkenalkan produk olahan dari UMKM Kota Bogor. Pada dasarnya jumlah produksi bagi ketahanan pangan sudah mencukupi tetapi mengalami kendala saat pendistribusian. Maka, untuk memangkas jalur distribusi yang panjang, Kementerian Pertanian RI membuat TTI sehingga menjadi lebih ringkas yakni hanya tiga tahapan saja dari Petani, Kelompok Tani lalu ke TTI baru kemudian ke Konsumen.

    "Harga di TTI lebih rendah dibanding harga pasar dan harapan kami TTI bersama PD PPJ Kota Bogor bisa kembali melanjutkan acara seperti ini dengan lebih baik lagi," ujarnya.

    Direktur Utama PD PPJ Andri Latief mengatakan, Bogor Expo Pasar Tani ini baru pertama kali digelar dan masih dalam skala kecil. Lewat Bogor Expo Pasar Tani ini juga sekaligus kembali meramaikan Pasar Devris yang beberapa tahun mengalami penurunan minat masyarakat terhadap batu akik. Melalui ide baru dan fasilitas pendukung pihaknya akan menjadikan Pasar Devris bukan sekadar pusat ekonomi melainkan juga pusat interaksi sosial dan budaya.

    "Akan ditambah dengan kuliner, panggung untuk perform menyanyi para musisi jalanan ataupun mendongeng namun batu akik akan tetap dipertahankan," katanya.

    Andri menambahkan, ke depan kegiatan ini akan menjadi program rutin setiap beberapa bulan agar masyarakat mendapatkan sembako dengan harga murah. Dan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan bekerja sama dengan TTI agar TTI membuka cabang di pasar-pasar Kota Bogor sehingga warga Bogor bisa mendapatkan harga murah setiap hari.

    "Ini bisa menjadi kegiatan khas sekaligus daya tarik Kota Bogor," tuturnya.

    Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, Pasar Tani seperti ini sangat dibutuhkan warga. Melalui TTI yang ada di Bogor Expo Pasar Tani harga-harga sembako bisa lebih murah dibanding harga pasar karena memotong rantai panjang distribusi yang langsung ke penjual. Selain juga ikut mendorong produk pertanian dan produk UMKM di Kota Bogor.

    "Harapan saya ini bisa jadi kegiatan yang berkelanjutan yang dilakukan setiap beberapa bulan dan membuat Pasar Devris bangkit dan hidup kembali," pungkasnya (fla/indra-eto)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus