Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Serahkan DIPA 2017 di Gedung Sate

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20457.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Jum'at (16/12) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBN Tahun 2017, bertempat di Gedung Sate Bandung. DIPA keseluruhan yang diserahkan sebanyak Rp 66 Trilyun dan yang ditransfer ke tiap Satuan Kerja instansi vertikal dan Pemprov. Jabar sebesar Rp 38,8 Trilyun.

    Penyerahan DIPA untuk satker instansi Vertikal dan provinsi diwakili oleh Kodam III/Siliwangi, Polda Jabar, Kejati, Pengadilan Tinggi dan RSHS Bandung. Selain penyerahan DIPA, juga diserahkan sertifikat pencapaian Wajib Tanpa Pengecualian (WTP) atas pelaporan keuangan dari Pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk yang kelima kalinya memperoleh predikat WTP, sedangkan untuk daerah terdapat 20 Kab/Ko di Jabar yang memperoleh predikat WTP. Daerah yang meraih WTP, diantaranya Kota Banjar untuk keenam kalinya, Pemkab Karawang dan Kab. Bandung. Penyerahan sertifikat predikat WTP diserahkan oleh Dirjen Perbendaharaan Negara, Marwanto Harjowiryono didamping Gubernur Jabar dan Wakil Ketua DPRD Jabar.

    Dirjen Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, dalam sambutannya meminta kepada para penerima DIPA untuk menggunakan setiap rupiah yang ada dari DIPA APBN itu seoptimal mungkin sehingga hasilnya sesuai program yang telah ditetapkan.

    Harapan Dirjen Perbendaharaan itu tampaknya dilatarbelakangi dengan kondisi perekonomian Indonesia dimana menurutnya untuk APBN Tahun 2017 penerimaan anggaran pendapatan adalah sebesar 1700 Trilyun rupiah sedangkan untuk anggaran belanjanya yaitu sebesar 2075 trilyun rupiah. Jadi ada gap yang sisanya ditutup dari pinjaman dalam negeri dan atau luar negeri.

    Mengenai pemberian predikat wajar tanpa pengecualiaan (WTP), Marwanto sangat mengapresiasi atas perhatian dan dedikasi yang tinggi dari Gubernur Jawa Barat sehingga memperoleh WTP sebanyak lima kali. "Begitupun untuk pemerintah daerah lainnya, seperti halnya Kota Banjar yang telah memperoleh WTP sebanyak enam kali, dan saya berharap daerah-daerah lainnya menyusul, ujar Marwanto.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam sambutannya mengemukakan, DIPA ini nilainya cukup besar, yaitu 66 trilyun rupiah dan ditambah dana kementrian lembaga yang ada di Jabar sebanyak 38,8 trilyun rupiah. Kita syukuri ada dana yang "terjun" ke Jawa Barat dan mudah-mudahan terjunnya lancar, dan inilah dana yang yang akan berkembang di Jawa Barat selama Tahun 2017.

    Dana sebesar itu ditambah APBD Jawa Barat dan APBD Kab/Ko, lanjut Gubernur, akan mentriger perekonomian Jawa Barat sebesar antara 15 sd 25 % dan sisanya dana masyarakat.

    Mari kita belanjakan dana sebesar itu dengan baik, tepat sasaran, efisien yang output dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat, pungkas Gubernur.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus