Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Antisipasi Bencana di Kab Subang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20484.jpg

    SUBANG–Wilayah Jawa Barat merupakan salah satu daerah rawan bencana dibandingkan provinsi lain di Indonesia. Kepala Dinas Sosial (Kadissos) Provinsi Jawa Barat, Arifin H. Kertasaputra, bencana alam yang terjadi cukup komplek mulai dari bencana geologi, vulkanologi, klimatologi, dan lingkungan.

    Menurutnya, bila bencana alam datang sulit dihindari dan banyak sebab yang mengakibatkan munculnya bencana. Tetapi akibat bencana banyak kerugian yang diderita sehingga diperlukan upaya deteksi dini dan penanggulangan bencana. Saat ini bukan saja kewajiban pemerintah, melainkan seluruh stakeholder, baik itu masyarakat maupun swasta.

    “Salah satu upaya yang kami laksanakan dengan pelatihan dan simulasi penanggulangan bencana,” ujarnya saat memimpin Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Kampung Siaga Bencana Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016, di Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Subang, Sabtu (17/12/2016).

    Untuk itu, Dinas Sosial Jawa Barat berusaha meningkatkan kapasitas masyarakat, agar selalu siap siaga, dalam menghadapi bencana.

    Sedangkan menurut Plt. Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengatakan sebagai bagian salah satu wilayah rawan bencana seyogianya meningkatkan kesadaran untuk mengantisipasinya.

    “Diantara upayanya dengan menjaga dan memelihara lingkungan yang baik serta meningkatkan kesiapan menghadapi bencana,” ujarnya.

    ‎Pada kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Subang menerima bantuan berupa mobil dapur umum dan peralatan penanggulangan bencana dari Provinsi Jawa Barat yang diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kabupaten Subang yang diterima oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang, Yayat Sudrajat.

    Pada kegiatan itu juga dilaksanakan penanaman 10.000 pohon di Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak. Penanaman ini untuk mengantisipasi bencana dengan menanami daerah yang rawan longsor.

    Seperti diketahui di Kampung Cihideung Desa Sukakerti pada Mei 2016 lalu dilanda bencana air bah yang menimbulkan banyak korban baik jiwa maupun kerugian materil. Bencana ini banyak menyedot perhatian dari berbagai kalangan bahkan Mensos dan Gubernur Jabar turun langsung.

    Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Kasubid Tanggap Darurat Bencana dari Kementrian Sosial Republik Indonesia, Kadinsos Subang, Pembina Tagana Jawa Barat, FK Tagana Jawa Barat, Kadisnakertrans Subang, Kepala BKD Subang, Camat Cisalak, Kabag Sosial Karang Taruna Kecamatan Cisalak dan tamu undangan lainnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus