Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub: UU No. 8 Tahun 2016 Ubah Paradigma Penyandang Disabilitas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20568.jpg

    BANDUNG-Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan tema yang diambil yaitu “ Membangun Masyarakat Inklusif, Adil, dan Berkesinambungan bagi Penyandang Disabilitas untuk Jawa Barat yang Lebih Baik”, berlangsung di Halaman Gedung Sate Bandung, Kamis (22/12). Dalam kesempatan ini, Wagub Demiz bertindak sebagai inspektur upacara.

    Tema ini mengandung makna bahwa pengakuan dan penghormatan terhadap eksistensi Penyandang Disabilitas, sekaligus peneguhan komitmen serta kepedulian kita untuk mewujudkan kemandirian, kesetaraan, dan kesejahteraan Penyandang Disabilitas.

    Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. UU ini telah mengubah paradigma pemenuhan hak Penyandang Disabilitas dari belas kasihan (charity based) menjadi berperspektif Hak Asasi Manusia (HAM).

    “Artinya Undang-Undang ini memberikan kesempatan yang sama kepada Penyandang Disabilitas dalam mengembangkan dirinya melalui kemandirian sebagai manusia yang bermartabat,” ungkap Wagub dalam sambutannya.

    “Dengan demikian, melalui tatanan masyarakat inklusif, adil, dan berkesinambungan yang terus kita bangun, kita ingin para Difabel di Jawa Barat terpenuhi hak-haknya dalam segala aspek kehidupan, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, politik dan pemerintahan, kebudayaan dan pariwisata, serta pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi,” lanjutnya.

    Untuk itu, tambah Wagub, Jawa Barat mendukung sepenuhnya hak-hak Penyandang Disabilitas untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi, merendahkan martabat manusia, dan kekerasan. Selain itu, mendukung pula hak untuk mendapatkan penghormatan atas integritas mental dan fisiknya berdasarkan kesamaan dengan orang lain, termasuk hak untuk mendapatkan perlindungan dan pelayanan sosial untuk kemandirian.

    Dukungan ini – salah satunya diimplementasikan oleh Pemprov Jawa Barat dalam bentuk bantuan bagi para Penyandang Disabilitas. Bantuan berupa uang sebesar Rp 300 ribu/bulan selama 10 bulan (Januari – Oktober 2016) dengan jumlah total Rp 6.252.000.000 kepada 2.000 lebih Difabel di seluruh Jawa Barat.

    Wagub juga mendorong berbagai pihak untuk bersama-sama menghadirkan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusif, bebas hambatan, dan tanpa diskriminasi.  Selain itu, perlu ditingkatkan juga program pemberdayaan dan pelatihan Penyandang Disabilitas, agar mereka mampu berusaha dan bekerja, serta menggali potensi yang dimiliki.

    “Mari kita terus memperkuat komitmen dan strategi multi-sektoral untuk memberikan perlindungan serta pemenuhan hak-hak dan kesempatan yang sama bagi para Penyandang Disabilitas,” ajak Wagub.

    Pada acara peringatan Hari Ibu ke-88, HKSN, dan HDI ini, Pemprov Jawa Barat memberikan berbagai penghargaan untuk berbagai lomba dan kategori yang diikuti peserta dari seluruh Jawa Barat. Diantaranya: Lomba Program Terpadu Peningkatan Perempuan Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Lomba Perempuan Inspiratif, Lomba Tembang Kenangan, Lomba Keluarga PNS, Lomba Kreatifitas Produk Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), Lomba Pendamping Lapangan (PL) Teladan, Lomba Senam Kesegaran Jasmani Perempuan, Lomba Posyandu dan Kader Berprestasi, dan Lomba Stand UP Perlindungan Perempuan.

    Selain itu, penghargaan diberikan kepada: Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (Juara 1 RS Borromeus Kota Bandung), Kepala Daerah Pembina Perusahaan Terbaik, Perusahaan Penerima Penghargaan Produktivitas Siddhakarya, Kelompok BKB Bunda Asih (Desa Babakan Asem, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang), Pemenang Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional (Kabupaten Sumedang dan PT SUAI Subang). Diberikan pula bantuan Kursi Roda untuk Penyandang Disabilitas  kepada Mega Ratu Agustin dari Kota Cimahi dan Paket Perala

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus