Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Anggaran Pendidikan Naik

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20614.jpg

    BANDUNG-Mulai Januari 2017 pengelolaan untuk SMA dan SMK seluruhnya akan ditangani oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, dari sebelumnya oleh Dinas Pendidikan kota dan kabupaten. Dan seiring dengan dialihkannya pengelolaan ke provinsi, maka anggaran pedidikan untuk tahun 2017 mengalami kenaikan.

    Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Program Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Nanang Wadhana mengatakan,  tahun  2017 anggaran Disdik Jabar, naik hampir 100 persen dari sebelumnya Rp219 miliar menjadi Rp.1,38 triliun.

    ”Salah satu kenaikan anggaran karena adanya alih kelola SMA/ SMK oleh provinsi, seperti biaya untuk tenaga tata usaha dan guru honorer serta beasiswa,” ucapnya.

    Menurut Nanang, tindak lanjut pasca serah terima, tercatat yang akan di tata kelolakan untuk satuan pendidikan berjumlah 735 SMA/SMK Negeri terdiri atas 467 SMA Negeri, 268 SMK Negeri, sedangkan guru dan tenaga kependidikan berjumlah 27.277 orang, terdiri atas 24.292 guru, 473 pengawas sekolah dan 2.512 tenaga adiministrasi sekolah.

    “Belanja di Dinas Pendidikan terbagi pada dua bagian,  pertama belanja langsung yang meliputi anggaran untuk program dan kegiatan, kedua belanja tidak langsung meliputi bantuan gubernur berbentuk bantuan keuangan, hibah dan menampung gaji pegawai,” ucapnya.

    Nanang menambahkan, untuk tahun 2016 hingga bulan Desember tingkat serapan anggaran sudah mencapai 80 persen dan akan terus bertambah hingga akhir tahun 2016.

    ”Hingga saat ini masih ada beberapa pengerjaan fisik yang harus diselesaikan sehingga masih punya waktu untuk meningkatkan penyerapan anggaran,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus