Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    57 Warga Kampung Pelag Akhirnya Bisa Membaca

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0190.jpg

    57 warga kampung Pelag Desa Sukajaya Kecamatan Sukaresmi, terdiri dari 10 orang laki-laki dewasa dan 47 kaum ibu akhirnya bisa membaca dan menulis setelah menyelesaikan pelatihan keaksaraan dasar yang dilaksanakan dari tanggal 3 maret sampai dengan 7 april 2011.

    Kegiatan hasil kerjasama antara Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Garut dengan PT Indonesia Power ditutup oleh Wakil Bupati Garut R. Diki Chandra, Jumat (8/4) di Kp. Pelag, hadir Pimpinan Uniga DR. Ir. Abdusyakur,M.eng, Ketua LPPM Uniga Prof.DR.Ikeu Sartika Iriani,Dra.M.Si., GM SDM PT Indonesia Power Ir. Isnantoro, Camat  Sukaresmi Drs. Mamat Rahmat,M.Si.

    Dalam sambutannya Wabup menyampaikan rasa gembiranya atas adanya perubahan sikap warga kampung Pelag yang tadinya dikenal banyak orang dengan masyarakat yang tidak bisa baca dan menulis, akhirnya bisa membaca, bahkan ketika di uji untuk membaca di hadapan peserta penutupan, seorang peserta pelatihan bernama Samsudin (60) dengan terbata-bata akhirnya mampu membaca. Ungkapan terima kasih juga disampaikan kepada UNIGA dan PT Indonesia Power yang telah membantu masyarakat Kp. Pelag melakukan pembelajaran keaksaran dasar ini.

    Pendidikan pada dasarnya di selenggarakan dalam rangka membebaskan manusia dari berbagai persoalan kehidupan yang melingkupinya. terkait dengan hal tersebut, dalam kontek pendidikan keaksaran dasar yang di laksanakan di sini, berarti kita berupaya membebaskan masyarakat dari kebutaaksaraan, sehingga masyarakat mampu membaca dunia kehidupannya.

    Dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman yang luas banyak orang yang buta aksara mampu bertahan hidup, serta dapat menyikapi berbagai persoalan kehidupanya. akan tetapi, mengingat dinamika kehidupan yang terus berkembang dan prospek perubahan dimasa depan akan jauh lebih maju, tidak seperti yang kita bayangkan, maka kebutuhan baca tulis merupakan sebuah keniscayaan dan menjadi kebutuhan yang sangat penting, termasuk bagi orang yang masih buta aksara.

    Pelatihan keaksaran dasar yang telah dilaksanakan, khususnya bagi masyarakat kampung Pelag Desa Sukajaya ini, diharapkan memberikan dampak positif serta perubahan besar bagi para pesertanya, terutama dalam membuka cakrawala pengetahuan dan kehidupannya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus