Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penyandang Cacat: Peraturan Sudah Ada, Implementasinya Kurang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/penyandang.jpg

    BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah memiliki Peraturan Gubernur tentang Penyandang Cacat atau kaum difabel yang dikeluarkan tahun 2007 lalu. Demikian juga dengan Pemerintah Kota Bandung yang sudah memiliki Perda tentang Kesejahteraan Penyandang Cacat. Namun implementasi dari peraturan itu masih dirasa kurang oleh kaum difabel.

    “Baik Pemprov maupun Kota Bandung sebenarnya sudah memiliki peraturan tentang kaum difabel. Namun kami merasakan di lapangan belum ada langkah maju atau implementasi dari peraturan itu” ujar Koordinator Perjuangan Kaum Difabel Bandung Raya, Jumono.

    Salah satu contoh belum dilaksanakannya peraturan itu adalah ketersediaan 1% tenaga kerja bagi penyandang cacat, dan infrastruktur yang tidak berpihak pada penyandang cacat.

    “Coba saja sekarang hitung berapa tengaga kerja yang sudah terserap dari kaum difababel seperti kami di dunia kerja apalagi di PNS? Saya kira masih jauh dari seharusnya. Padahal baik undang-undang maupun peraturan perundang-undangan lainnya menyebutkan itu. Contoh lain adalah masalah infrastruktur. Satu-satunya jembatan penyebrangan yang dimungkinkan dipakai oleh kaum penyandang cacat hanya di Jl. Pajajaran itu, di tempat lain saya kira belum ada” katanya.

    Jumono menegaskan, penyandang cacat sebenarnya tidak meminta diprioritaskan atau dikasihani, tapi lebih tepat, pemerintah wajib menyediakan kelebihan bagi keterbatasan mereka.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus