Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penurunan Harga Cabai Rawit Temui Tantangan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20847.jpg

    BANDUNG-Kondisi harga cabai rawit sampai minggu kedua Januari di Jabar masih ada dalam posisi Rp. 119.000 per Kg. Berbagai upaya sudah dilakukan agar harga cabai rawit mengalami penurunan. Namun tantangannya juga banyak.

    Hal demikian, diungkapkan Kadis Perindag Jabar, Hening Widiatmoko dalam keterangannya kepada wartawan, Jum'at (13/1).

    Hening, lebih lanjut memaparkan pihak Pemeritah Daerah beserta Pemerintah Pusat melalui BUMN yang bergerak dalam bidang usaha Perdagangan yaitu PT Perusahaan Perdagangan Indonesia telah melakukan langkah agar harga cabai rawit bisa turun.

    Adapun langkah yang sudah dilakukan, diantaranya melalui pengiriman pasokan cabai rawit dari Makassar dan Gorontalo. Dari kedua wilayah ini, jumlah stok cabai rawit mencapai 1,5 ton. Namun, dengan datangnya pasokan tersebut, baru bisa mensuplai kebutuhan cabai rawit untuk Kota Bandung.

    "Pengiriman cabai rawit dari kedua tempat tersebut, belum bisa menurunkan harga cabai rawit secara maksimal karena pengiriman melalui pesawat sehingga biaya pengiriman tinggi" ujarnya.

    Keadaaan tersebut berdampak pada tingginya harga cabai rawit. Dengan biaya tinggi dalam pengiriman cabai rawit, juga menyebabkan stok cabai rawit terbatas. Untuk perbaikan ke depan, jelas Hening perlu dilakukan koordinasi lintas pemerintah bersama Pemerintah Kabupaten/Kota harus dilakukan koordinasi dalam hal penentuan waktu tanam.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus