Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peta Geologi Penting untuk Perencanaan Eksplorasi SDA

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20873.jpg

    BANDUNG–Perusahaan pertambangan memerlukan peta geologi dari Badan Geologi untuk meluaskan rencana eksplorasi. Salah satunya adalah BUMN, PT Antam.

    Dirut PT. Antam Tedy Badrujaman mengatakan akan memanfaatkan peta geologi terbaru yang dimiliki Badan Geologi untuk mencari lokasi-lokasi baru yang akan dieksplorasinya. Dia mengakui, pihaknya tidak memiliki SDM dan laboratorium yang representatif terkait survei lokasi penambangan ini.

    Selanjutnya, setelah ditentukan daerahnya berdasarkan hasil survei bersama Badan Geologi, pihaknya akan masuk untuk memulai pengerjaan. Dia menjelaskan, pihaknya akan mengeskploitasi jika kandungan emas di dalam lokasi itu minimal 10 ton.

    "Lebih besar lebih bagus. Jadi kalau 10 ton, bisa untuk 10 tahun," katanya.

    Namun, dia belum mau menyebut berapa angka investasinya terkait rencana survei ini. Dia hanya menyebut jumlah investasinya ini lebih sedikit dibanding sebelumnya mengingat harga emas saat ini yang sedang turun.

    "Biayanya disesuaikan dengan keuntungan perusahaan. Sekarang kita kurangi. Kalau dulu dialokasikan 5% dari keuntungan," katanya seraya menyebut pihaknya pun akan fokus pada penambangan nikel.

    Lebih lanjut dia katakan, saat ini pihaknya telah melakukan penambangan emas pada tiga lokasi yakni Pongkor di Bogor, Cibaliung di Banten, dan Halmahera. Namun, eksploitasi di Pongkor akan segera berakhir pada 2021.

    Di Jabar, dia menambahkan, sebenarnya potensi emas di Pongkor masih cukup untuk beberapa tahun ke depan. Namun, mengingat adanya aturan taman nasional itu, pihaknya terpaksa harus menghentikannya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus