Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Siap Tambah Jumlah Desa Siaga

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/siaga.jpg

    Bandung – Anggaran kesehatan Provinsi Jabar tahun 2011 ini akan diupayakan mencapai 7,6% dari total APBD tahun 2011. Anggaran itu diantaranya akan digunakan untuk peningkatan dan revitalisasi fungsi posyandu serta meningkatkan jumlah desa siaga.

    Gubenur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan anggaran untuk posyandu disiapkan sekitar Rp 5 miliar.

    “Akan diupayakan peningkatan pengetahuan bagi kader posyandu dengan tujuan pengurangan angka kematian ibu melahirkan dan bayi,” kata dia saat membuka Pertemuan Sosialisasi dan Advokasi Pengembangan Desa dan Keluarga Siaga Aktif Tingkat Nasional, Selasa (12/4) malam di Hotel Savoy Homann, Bandung.

    Gubernur menyatakan perlu anggaran yang cukup besar bagi Jabar karena jumlah penduduknya yang cukup besar. Saat ini kata dia sekitar 19% penduduk Indonesia berada di Jabar.

    Di Jabar sendiri hingga akhir tahun 2010 tercatat oleh Kementerian Kesehatan, jumlah desa siaga mencapai 5.378 desa atau baru sekitar 49,65%.

    Sementara itu Sekjen Kementrian Kesehatan Ratna Rosita menyatakan pembentukan desa siaga baik siaga kesehatan atau pendidikan akan sangat membantu pemerintah. Masyarakat di desa siaga berperan aktif dalam peningkatan kesehatan dan pendidikan sementara pemerintah hanya memberikan stimulus program dan dana.

    “Saat ini baru ada sekitar 70.000 desa siaga secara nasional, jumlah itu baru sekitar 56%,” kata dia.

    Kementrian menargetkan 80% desa di Indonesia sudah menjadi desa siaga pada tahun 2015 mendatang.

    “Angka kematian ibu dan bayi banyak faktornya, namun desa siaga ini menjadi salah satu upaya untuk mengurangi prosentasenya.” Guh

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus