Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPJS Kesehatan Tegaskan Tak Pernah Telat Bayar Klaim

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20929.jpg

    BANDUNG-Sehubungan dengan merebaknya pemberitaan tentang masalah klaim RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya, Kepala Cabang Tasikmalaya BPJS Kesehatan Dwi Desiawan pun segera angkat bicara pada saat wawancara di kantor BPJS Kesehatan, Jumat (20/01). Ia menegaskan, BPJS Kesehatan tidak pernah terlambat membayar tagihan yang diklaimkan rumah sakit tersebut.

    “Begitu isu tersebut beredar, kami langsung cek data klaim yang diajukan RSUD dr. Soekardjo dan bukti pembayaran klaim dari bulan Januari - Desember 2016. Dari data tersebut, pengajuan dan pembayaran klaim RS dr. Soekardjo dengan bulan pelayanan Januari - Agustus 2016 telah tuntas. Khusus untuk bulan September - Oktober 2016, juga telah lunas kami bayar pada Desember 2016 dengan total klaim sebesar Rp 10,1 miliar. Sementara klaim bulan pelayanan November 2016, baru diajukan pihak RS pada 16 Januari 2017 dan direncanakan akan kami bayar maksimal tanggal 23 Januari 2017 sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Dwi.

    Dwi juga menjelaskan, BPJS Kesehatan bisa dikenakan denda jika membayar klaim melewati batas waktu yang ditetapkan, yaitu N+15 hari kerja sejak berkas lengkap diterima. Sehingga, kecepatan proses pembayaran klaim suatu rumah sakit terletak pada kelengkapan berkas yang diajukan oleh pihak rumah sakit yang bersangkutan.

    Menindaklanjuti pemberitaan tersebut, Dwi pun menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak RSUD dr. Soekardjo. Sebagai informasi, terhitung sejak Rabu (18/01), pelayanan di rumah sakit tersebut sudah berjalan normal seperti sedia kala.

    “Pada prinsipnya kami siap membantu percepatan pembayaran klaim rumah sakit sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun, kami juga mengharapkan kerja sama rumah sakit untuk dapat mempercepat pengajuan klaim dan memperhatikan kelengkapan berkasnya,” jelas Dwi.

    Pada Kamis (19/01), Kepala Divisi Regional V BPJS Kesehatan Mohammad Edison telah melakukan pertemuan dengan Direktur RSUD dr. Soekardjo, Wasisto Hidayat. Pada pertemuan tersebut, keduanya sepakat agar ke depannya, rumah sakit dapat lebih disiplin dalam mengajukan klaim. Selain itu, juga akan dilakukan peningkatan komunikasi secara lebih intens antara pihak rumah sakit dengan petugas verifikator dan koder BPJS Kesehatan.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Divisi Regional V BPJS Kesehatan di Jalan dr. Djundjunan No. 144 Bandung, ataupun melalui Hotline Service di Nomor 0811 11944 44. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus