Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    TTP Pejabat Fungsional Naik 4-5 Kali Lipat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/PELANTIKANw.jpg

    BANDUNG-Dalam rangka mendorong pengembangan jabatan fungsional, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2011 ini telah meningkatkan tunjangan tambahan penghasilan (TTP) untuk jabatan fungsional antara  4 sampai 5 kali lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Ir.H. Lex Laksamana Zaenal LAN,Dipl,HE pada pelantikan pejabat struktural eselon III, IV dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro 22, Bandung, Rabu (13/4).

    Di samping itu, lanjut Lex, sudah dikeluarkan pula Surat Edaran Gubernur kapada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar semakin meningkatkan pasilitas bagi para pejabat fungsional baik dalam bentuk pengadaan tempat dan peralatan kerja, pasilitasi diklat-diklat fungsional maupun pengalokasian anggaran dan kegiatan yang dapat mendorong peningkatan dan pendayagunaan jabatan fungsional di OPD-nya masng-masing.

    Lex menjelaskan, di era desentralisasi ini menuntut adanya kesiapan dan kemandirian pemerintah daerah secara lebih optimal dalam menjalankan roda pemerintahan karena tugas-tugas kepemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan sebagian besar diserahkan kepada pengaturan dan kebijakan pemerintah daerah. Pada saat yang sama, pemda juga harus mampu merumuskan strategi guna mengaktualisasikan kemandirian desentralisasi dan kemajuan daerah itu sendiri.

    Hal ini tentunya menuntut kesiapan dan kemampuan aparatur pemerintah yang berkualitas, memiliki disiplin serta etos kerja yang tinggi. Seiring dengan itu perlu menjadi pemahaman  bersama bahwa pelantikan pejabat eselon III, IV, Pejabat Fungsional pada kesempatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan dan pemberdayaan potensi aparatur di lingkungan Pemprov Jabar. Itulah sebabnya mekanisme pengangkatan  untuk menduduki jabatan sudah barang tentu didasarkan pada kemampuan dan prestasi yang dicapai. Serta ditunjang oleh sikap, dedikasi, loyalitas, komitmen dan tanggung jawab yang ditunjukkan selama menjalankan tugas-tugas kedinasan.

    “Perlu kiranya saya sampaikan, khususnya bagi pejabat strtuktural eselon III dan IV yang dilantik pada hari ini bahwa jabatan eselon III dan IV merupakan middle dan lower manajer yang harus menjadi motor penggerak, sekaligus pendorong kinerja OPD secara akseleratif. Selain itu, saudara-saudara harus mampu menjadi motivator, pasilitator dan juga dinamisator di masing-masing unit kerja yang saudara pimpin,” tegas Lex.

    Pelantikan para pejabat fungsional, menurut Lex, merupakan perwujudan keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengembangkan jabatan fungsional sebagai bagian yang sama pentingnya dalam pengembangan karier PNS. Hal ini tentu sangat beralasan karena secara konstekstual dalam proses penguatan organisasi tentu dibutuhkan supporting skill dari tenaga-tenaga ahli spesipik di bidangnya masing-masing yakni pada para pejabat fungsional. Oleh karenanya melalui pengembangan jabatan fungsional para PNS ini diharapkan para pejabat fungsional dapat meningkatkan dan mengembangkan keahliannya secara spesifik memiliki kinerja yang terukur, melalui pengumpulan angka-angka kredit serta dapat mengembangkan karir ke puncak tertinggi tanpa terhalangi sekat-sekat jabatan struktural yang terbatas.(enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus