Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pulang Dari Belanda dan Jerman, Insantama Berikan Tiga Rekomendasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21039.jpg

    KOTA BOGOR-Sebanyak 75 siswa kelas XII Sekolah Islam Terpadu (SIT) Insantama memberikan laporan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya atas kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajamen Tingkat Akhir (LKMA), Kamis (26/01/2017) di Paseban Sri Bima, Balikota Bogor.

    Dalam laporan tersebut LKMA Insantama mempresentasikan hasil analisis SWOT atas dua negara kunjungan mereka yakni Jerman dan Belanda. Serta turut memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Bogor.

    Dari hasil kunjungan, LKMA membuat analisis SWOT untuk kedua negara tersebut untuk kemudian dikonversikan dengan Indonesia termasuk rekomendasi untuk Kota Bogor. Rekomendasi tersebut dibagi menjadi tiga bagian Fasilitas, Human dan Organisasi.

    Dari fasilitas, sebagai kota yang maju sebaiknya Kota Bogor memiliki sarana publik yang memadai bagi para warganya. Memberikan akses wifi gratis di tempat-tempat umum. Dan Ikon Kota Bogor seperti Tugu Kujang, Kebun Raya Bogor (KRB) serta taman-taman bisa dimanfaatkan menjadi daya tarik wisatawan

    Dari Human, menekankan kedisiplinan mulai sejak dini. Stakeholder saling berkoordinasi untuk membangun Kota Bogor. Menciptakan masyarakat yang haus terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru dan Mengajak masyarakat berpikir terbuka dan senang diajak diskusi.

    Dari Organisasi, membuat kualitas pendidikan menjadi referensi se-indonesia. Meningkatkan ketertiban berlalu lintas. Sistem pendidikan yang menyediakan ruang bagi pelajar berkreasi, berinovasi serta bereksplorasi. Penerapan hukum yang tegas. Menyediakan banyak beasiswa dan fasilitas penunjang pendidikan yang lengkap dan memadai. Dan Memfasilitasi mimpi besar setiap warga sejak dini sekaligus menyiapkan fasilitas pendidikan mewujudkan mimpi besar tersebut.

    “Rekomendasi tersebut hasil dari analisis siswa untuk kemajuan Kota Bogor,” jelas Direktur Kesiswaan SIT Insantama Karebet Widjajakusuma saat mempresentasikan hasil LKMA.

    Karebet menambahkan, kunjungan ke Belanda dan Jerman bertujuan sebagai latihan sikap mental kepemimpinan transformasional siswa. Di sana siswa mempelajari sistem kepemimpinan dan manajeman pembangunan yang diterapkan di dua negara yang masih menjadi corong kemajuan dunia.

    “Kami melakukan studi ke pusat-pusat unggulan mulai dari perguruan negeri, pusat komunitas, pusat Islam, pusat budaya hingga observasi kota dengan cara mewawancari warga,” ujar Karebet.


    Sementara itu Wali Kota Bogor Bima Arya menanggapi rekomendasi tersebut dengan apresiasi. Menurutnya, tidak banyak orang seusia mereka yang mempunyai kesempatan ke luar negeri, melihat paradigma dunia luar dengan cara pandang berbeda serta melatih mengenal dunia, manusia dan diri sendiri.  Seperti yang dilakukan tokoh-tokoh besar dunia yang juga mengeksplorer dunia.

    “Kalian generasi yang sangat beruntung. Saya kagum dengan proses analisis SWOT kalian dan terima kasih atas rekomendasinya,” pungkasnya. (fla/indra-eto)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus