Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Prancis Bantu Studi Pembangunan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21119.jpg

    BANDUNG-Perancis merupakan salah satu negara di Eropa yang sering membantu Kota Bandung dalam mendanai berbagai proyek pembangunan di kota ini. Demikian dikemukakan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, saat menerima perwakilan perusahaan asal Perancis di Ruang Rapat Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Rabu, (01/02).

    Menurut Walikota, Pemerintah Perancis telah menyumbangkan dana untuk studi pembangunan, salah satunya proyek pengembangan area Stasiun Kebon Kawung yang saat ini tahap selesai, serta studi tentang pengembangan sustainable Smart City di Bandung.

    “Pertemuan ini membuka jalan untuk bisa mengakselerasi pembangunan di Kota Bandung, pasalnya, produk-produk perusahaan itu, yang sebagian besar adalah teknologi terbaru, sedang dibutuhkan untuk membangun fasilitas pelayanan publik, seperti penerangan jalan, parking meter, pengelolaan air, dan PLTSA,” katanya.

    Walikota mengatakan, pihaknya tertarik dengan penawaran teknologi penerangan jalan yang hemat energi, dimana saat ini Bandung tengah menyiapkan proses lelang untuk pengadaan 8000 tiang lampu jalan.
    “Saya minta perusahaan tersebut untuk berpartisipasi dalam proses lelang, sementara untuk proyek lain meminta mereka agar mendiskusikan dengan SKPD terkait untuk langkah lebih lanjut,” ucapnya.

    Menurut Walikota, jika kerja sama ini sukses terjalin, kemungkinan besar pemerintah kota akan menggunakan konsep Public-Private Partnership alih-alih melalui belanja langsung.

    “Saya bilang kami tidak punya uang kalau beli-beli langsung, jadi polanya kami butuh Public-Private Partnership. Mereka bawa uang, mereka membangun,  kita cicil sekian tahun. Ini bagian dari Rp 60 triliun yang sedang saya cicil untuk dibiayai oleh swasta,” tuturnya. (Parno)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus