Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Irianti: Kebutaan Menurunkan Tingkat Produktivitas

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21142.jpg

    BANDUNG-Direktur Utama RS Cicendo dr. Irianty mengatakan, program pengobatan gratis bagi penderita katarak sebagai upaya untuk mengurangi angka kebutaan di Kota Bandung melalui Komite Mata Nasional.

    "Kebutaan memang tidak menyebabkan kematian, namun buta akan menurunkan tingkat produktivitas seseorang, maka dari itu kami ingin melakukan pengobatan penderita katarak atau mata kucing di Kota Bandung," ucapnya.

    Menurut Irianti, untuk program ini perlunya peranan pemerintah daerah untuk mengurangi angka kebutaan tersebut, karena penyakit mata tidak haya katarak namun banyak lagi seperti penyakit rabun sehingga seseorang harus memakai kacamata dan tumor mata.

    "Kita harus menghambat penyakit ini jangan sampai terlambat, biasanya tumor mata itu ganas sehingga harus dideteksi secara dini supaya tidak semakin parah," kata Irianti, usai melakukan pertemuan dengan Walikota Bandung, Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Kamis (02/02).

    Irianti menyayangkan masih kurangnya kesadaran penderita untuk secepatnya memeriksa kondisi matanya, dengan berbagai alasan seperti keterbatasan biaya atau memang kurang peduli dengan kondisinya sendiri.

    "Dilihat 60% penyakit yang diidap, baru direspon oleh orang tua saat penyakit tersebut mulai membesar, 0 sampai 6 bulan sudah keliatan mata kucing namun rata-rata dibawa ke RS pada saat umur 4 tahun," katanya.

    Irianti menambahkan, program ini sebagai bentuk kepedulian RS Cicendo untuk terwujudnya program penurunan angka kebutaan sekitar 25% sebagaimana target nasional karena Indonesia termasuk angka tertinggi ke-2 penderita katarak.

    "80% dari 9.000 orang buta bisa dikembalikan penglihatannya. Dengan pengangkatan lensa dan diganti dengan lensa mata baru buatan manusia, semoga program ini dapat terwujud dan terlaksana secara lancar agar target nasional tercapai," pungkasnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus