Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pencak Silat Dinominasikan Warisan Budaya Tak Benda

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21157.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Republik Indonesia tengah berupaya untuk menominasikan Pencak Silat untuk ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2018 mendatang.

    Untuk mendukung upaya itu, rencananya pada bulan Mei 2017, melalui Duta Besar/Wakil Tetap Republik Indonesia di UNESCO Fauzi Soelaeman akan mengadakan pagelaran Pencak Silat di Gedung UNESCO, Paris, Perancis.

    Walikota Bandung M. Ridwan Kamil mengaku, pihaknya diminta oleh Duta Besar di UNESCO agar bisa mengirimkan delegasi pencak silat untuk tampil di sana.

    “Ini adalah sebuah kepercayaan bagi Kota Bandung untuk menjadi perantara diplomasi budaya Indonesia dengan UNESCO,” ucap Walikota, di Pendopo Kota Bandung, Jumat (03/02).

    Menurut Walikota, pihaknya akan mendukung jika memang Bandung oleh komunitas pencak silat dipercaya untuk mengirimkan dan mewakili diplomasi ini.

    “Dengan senang hati kita akan dukung, salah satunya kita akan mengirimkan pencaknya. Hal lain yang bisa ditampilkan Indonesia terkait pencak silat selain aspek bela dirinya, unsur seni, musik, dan busana yang bisa menjadi nilai tambah,” tuturnya.

    Walikota menjelaskan, agar pencak silat ini bisa ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO, pemerintah harus proaktif untuk mempromosikannya.

    “Upaya menyelenggarakan pentas pencak silat tersebut adalah salah satu cara agar para juri bisa tertarik untuk memasukkan pencak silat ke dalam daftar tersebut,” katanya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus