Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mengenal Bidang Perlindungan Konsumen

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21220.jpg

    BANDUNG-Terbitnya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, berimplikasi pada pembentukkan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru. Pembentukkan SOTK baru juga terjadi di lingkungan Pemprov Jabar. Dengan pembentukkan SOTK baru tersebut, diantaranya ada yang menambah OPD baru bahkan ada pembentukkan Bidang Baru di beberapa OPD .

    Untuk Bidang Baru yang terbentuk dengan pemberlakukan SOTK baru, diantaranya di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat. Adapun Bidang baru tersebut adalah Bidang Perlindungan Konsumen (PK).

    Hal demikian, diungkapkan Kadis Perindag Prov. Jabar, Dr. Hening Widiatmoko, MA., dalam keterangannya pada media, Selasa (7/2).

    Dr. Hening Widiatmoko, MA., menuturkan, pembentukan Bidang Perlindungan Konsumen juga merupakan respon dari Pemprov Jabar untuk menindaklanjuti UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta UU No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan terkait barang K3L (Keamanan, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan Hidup).

    Dengan hadirnya Bidang Perlindungan Konsumen, maka dalam bidang tersebut ada 3 seksi, masing-masing Seksi Tertib Niaga, Seksi Pengawasan Barang dan Jasa Beredar, serta Seksi Pemberdayaan Konsumen.

    Keberadaan Bidang PK yang didalamnya ada 3 Seksi, juga merupakan respon dari Pemerintah Pemprov Jabar untuk melindungi konsumen untuk mendapatkan barang yang aman.

    Melalui kehadiran bidang PK, ujar Hening, masyarakat dapat cerdas untuk memilih produk barang dan jasa.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus