Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Upaya Pencegahan Kematian Massal Ikan di Waduk Jatiluhur dan Cirata

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21370.jpg
    Tim Pengelolaan Kesehatan Ikan dan Lingkungan Provinsi Jawa Barat beserta Tim KKP dan Penyuluh Perikanan Kabupaten Purwakarta

    PURWAKARTA KAB- Tim Pengelolaan Kesehatan Ikan dan Lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat melakukan investigasi lapang atas kematian ikan di Waduk Cirata dan Jatiluhur pada Kamis (16/2). Investigasi dilakukan sebagai tindak lanjut laporan masyarakat kepada penyuluh perikanan Kabupaten Purwakarta di pekan yang sama.

    Menurut Penyuluh Perikanan Kabupaten Purwakarta, Asep Apipudin, respon yang dilakukan pembudidaya terhadap kejadian ini adalah melakukan pembersihan keramba jaring apung dan tidak penebaran benih ikan sebagai pencegahan kerugian yang lebih lanjut.

    Menurut ketua tim Pengelolaan Kesehatan Ikan dan Lingkungan, Iman Barizi, bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), telah berupaya melakukan pencegahan kejadian serupa dengan menempatkan alat pemantauan kualitas air (bouy pluto) di titik-titik vital sekitar waduk.

    Alat itu kemudian akan mengirimkan info tentang kualitas air setiap 1 jam sekali kepada pemegang aplikasi untuk selanjutnya diinformasikan kepada pembudidaya di sekitar waduk.

    Berdasarkan informasi dari hasil pemantauan data yang dilakukan Direktorat Kawasan dan Kesehatan Ikan, KKP-RI, bahwa kematian massal mulai berkurang dari 590,06 ton ikan tahun 2014 menjadi 23 ton ikan pada tahun 2015 dan berkurang pula di tahun 2016 menjadi 20 ton ikan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus