Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pendeklarasian 'Bandung Hantam Hoax'

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21440.jpg

    BANDUNG-Beberapa elemen warga di Kota Bandung berkumpul di Alun-Alun Kota Bandung hari Senin (20/02) untuk menyatakan sikap menentang segala bentuk hoax dan penyebarluasannya yang merusak nilai-nilai Kemanusiaan, Tanggung Jawab, Pertemanan dan Perasahabatan, Pencerahan, dan Harmoni.

    Deklarasi dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia dan sejumlah artis film dari Persatuan Artis Film Indonesia, diantaranya Marcella Zalianty, Ray Sahetapy (Wakil Ketua Umum Parfi 56), Olivia Zalianty (Ketua bidang ekraf dan budaya) Nunu Datau (Wasekjen PARFi 56) Rudy Djamil dari Parfi Bandung. Deklarasi Bandung Hantam Hoax ini menghimbau kepada warga Bandung khususnya, dan masyarakat dunia pada umumnya, untuk turut berpartisipasi memerangi hoax dan senantiasa mengangkat nilai-nilai Bandung yang berlandaskan perdamaian dan persaudaraan.

    Pada tahun 2016, Kepolisian Republik Indonesia telah berhasil mendeteksi ribuan akun media sosial dan media online yang terindikasi menyebarkan informasi hoax, provokasi, hingga SARA. 300 di antaranya telah diblokir oleh kepolisian karena kontennya melanggar undang-undang.

    Sementara itu, Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) mengeluarkan angka yang lebih mencemaskan, sepanjang tahun yang sama, 800.000 situs Internet telah diblokir (2016). Selain disebabkan hoax, juga karena kontennya mengandung unsur perjudian dan pornografi yang membahayakan

    Walikota Bandung Ridwan Kamil, menilai media sosial yang seharusnya digunakan untuk penyebaran hal-hal positif, telah berubah menjadi sarana penyebaran berita dan informasi hoax.

    "Melalui kampanye Bandung Hantam Hoax ini mengajak kepada seluruh elemen warga untuk menggunakan media sosial untuk menyampaikan konten positif dan bermanfaat, serta menghindari penyebaran berita dan informasi hoax" jelasnya.

    Deklarasi Bandung Hantam Hoax diikuti ratusan peserta dari kalangan siswa SMA, SMP se-Bandung, LSM, PNS, Ormas dan masyarakat umum. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus