Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kontribusi Perusahaan di Sumedang Bagi Ekonomi Masyarakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21457.jpg

    SUMEDANG-Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan melanjutkan agenda kunjungan kerjanya ke perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang dengan mengunjungi PT. Yakjin Jaya Indonesia dan ke PT. Coca-cola amatil bottling, Senin (20/2), dengan didampingi oleh asisten pembangunan, asisten administrasi, staf ahli bidang pembangunan ekonomi dan keuangan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Camat Cimanggung, perwakilan dari Dinas Lingkungan hidup dan Kehutanan, Forkopimka, para Kepala Desa, perwakilan dari APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia), dan dari SKPD terkait lainnya.

    Menurut Farid selaku General staff yang perusahaannya dikunjungi orang nomor satu di Kabupaten Sumedang, PT. Yakjin telah berdiri sejak tahun 1978 di Korea Selatan, dan membuka cabang di Indonesia bernama PT. Yakjin Jaya Indonesia terhitung sejak April 2007 lalu dengan jumlah karyawan 2.836 orang, yang mayoritas warga Sumedang. Dalam satu bulan, PT. Yakjin Jaya Indonesia yang berkedudukan di Jalan Raya Rancaekek KM. 27 bisa melakukan ekspor produk sebanyak 2 juta pieces.

    “Seluruh produksi yang dihasilkan di sini (PT. Yakjin) seratus persen untuk ekspor. Jadi kalau ada pihak lokal yang berminat terhadap produk kami, harus mengimpor dari Singapura,” jelasnya.

    Selepas berkunjung ke PT. Yakjin, Bupati Sumedang bersama rombongan melanjutkan kunjungannya ke PT. Coca-cola amatil bottling yang berada berdekatan dengan PT. Yakjin, tepatnya berada di KM. 26. PT. Coca-cola amatil bottling yang memiliki luas bangunan 24.965 m2 dan memiliki 124 orang karyawan tersebut, menurut Dimas selaku Plan Operation Manager di PT. Coca-cola amatil bottling yang diungkapkan dihadapan Bupati, pihak perusahaan selama ini juga sudah banyak melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat, khususnya warga masyarakat yang berada di sekitar perusahaan.

    “Selain kami sering melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial seperti pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga masyarakat, beasiswa untuk anak sekolah, penanaman pohon, memberi bantuan pangan dan air minum bagi korban banjir Desa Cihanjuang, pemberian sembako untuk kaum dhuafa, kami juga tentunya sangat memperhatikan faktor keamanan bagi para pekerja kami. Karena safety karyawan merupakan pondasi bagi kami,” paparnya.

    Sementara itu, Bupati Eka menyampaikan apresiasinya atas penerimaan dan sambutan baik dari pihak perusahaan yang dikunjunginya pada saat itu. Ia juga meminta agar perusahaan-perusahaan yang dia kunjungi bisa memberikan informasi tentang masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan, dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mencari pemecahan dari permasalahan yang terdapat di perusahaan, dengan harapan akan mampu menciptakan suasana kondusif sehingga terciptanya hubungan yang harmonis diantara Pemerintah Daerah bersama Perusahaan.

    Eka juga menjelaskan, bahwa kunjungannya ke perusahaan-perusahaan seperti yang ia lakukan ke perusahaan yang ada di wilayahnya tersebut, selain Ia jadikan ajang untuk bersilaturahmi juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang dilakukan bersama Apindo Kab. Sumedang bersama para pengusaha sebelumnya, terkait rencana kerja Bupati Sumedang untuk berkunjung ke perusahaan-perusahaan yang terdapat di wilayah pemerintah kabupaten sumedang.

    “Saya kira, esensi dari kunjungan saya sebagai Bupati Sumedang ke tiap-tiap perusahaan yang ada di wilayah Sumedang ini juga bisa sangat bermanfaat khususnya dalam hal untuk lebih mengetahui dan memahami segala kendala yang terjadi di masing-masing perusahaan yang ada. Pemerintah daerah juga akan senantiasa membantu dan mendukung sepak terjang dari perusahaan, selama tidak merugikan berbagai pihak dan patuh terhadap Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, dan saya mengharapkan perusahaan-perusahaan yang terdapat di Kabupaten Sumedang bisa terus maju, bisa sukses, bisa memberikan dampak ekonomis, dan yang paling penting bisa memberi keberkahan untuk masyarakat Sumedang,” papar Eka.

    Pada kesempatan tersebut, Eka pun mengimbau kepada pihak Perusahaan agar turut melaksanakan program yang dikeluarkan oleh Baznas Kabupaten Sumedang, yaitu Program Infaq dua ribu. “Saya minta agar perusahaan bisa berpartisipasi dalam program Baznas tersebut, namun dalam pembayarannya hendaknya tidak membebankan para karyawan, tapi bisa dengan cara dihandle oleh pihak perusahaan,” tukasnya.

    Bupati bersama rombongan mengakhiri kunjungan saat itu dengan melaksanakan tour di lingkungan PT. Yakjin dan PT. Coca-cola, untuk melihat secara langsung proses pengerjaan produksi di masing-masing perusahaan tersebut.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus