Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peresmian mesjid al-kautsar ds.cipeundeuy dan roadshow baznas kec.jatinunggal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21501.jpg

    SUMEDANG- Bupati Sumedang H. Eka Setiawan meresmikan mesjid Jami Al-Kautsar yang bertempat di Desa Cipeundeuy Kec. Jatinunggal, Rabu (22/2), dengan ditandai prosesi gunting pita yang dilanjutkan melakukan peninjauan mesjid. Pada acara peresmian Mesjid tersebut, Bupati didampingi oleh Assisten pembangunan, Assisten Administrasi, Kadis Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD), Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, para Kepala Bagian di lingkungan Setda, Ketua MUI Kab. Sumedang, pengurus Baznas Sumedang, Camat dan unsur Forkopimka Jatinunggal, yang diterima oleh Kepala Desa Cipeundeuy, para DKM Mesjid Al-Kautsar, kelompok pengajian dan masyarakat Desa setempat. 

    Renovasi yang dilakukan terhadap Mesjid Al-Kautsar yang diresmikan orang nomor satu di Sumedang tersebut, menggunakan anggaran yang didapatkan dari hasil sumbangsih masyarakat, uang sodaqoh, penjualan sisa bangunan, kotak amal dan parkir serta subsidi Desa yang total dari semuanya mencapai Rp. 535.163.000 (lima ratus tiga puluh lima juta seratus enam puluh tiga ribu rupiah), dengan total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp. 530.163.000 (lima ratus tiga puluh juta seratus enam puluh tiga ribu rupiah), dengan menyisakan pekerjaan untuk penataan halaman Mesjid. Hal itu diungkapkan Ketua Panitia pelaksana renovasi Mesjid Memed Sujana, saat menyampaikan laporan di hadapan Bupati.

    Setelah berkesempatan meresmikan Mesjid, Bupati Sumedang Eka Setiawan memberikan ucapan selamat dengan telah rampungnya pengerjaan renovasi Mesjid Al-Kautsar yang diresmikan saat itu. “Perasaan bahagia untuk warga Cipeundeuy melihat besarnya hasil pendapatan anggaran untuk pembangunan Mesjid ini merupakan sumbangsih dari masyarakat. Mudah-mudahan keberadaan Mesjid ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Cipeundeuy dengan baik, bahkan bisa lebih dimakmuran lagi,“ ucapnya. 

    Dalam kesempatan tersebut, Bupati Eka juga berjanji untuk memberikan bantuan yang akan diserahkan kepada DKM Cipeundeuy senilai 20 juta rupiah, guna menyelesaikan pekerjaan renovasi Mesjid yang belum tuntas. 

    Setelah melaksanakan peresmian Mesjid, Bupati beserta rombongan langsung bergegas menuju Kantor Kecamatan Jatinunggal untuk mengikuti Roadshow Baznas sekaligus penyerahan bantuan sosial dari Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD). 

    Adapun bantuan yang disampaikan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Jatinunggal di hari peringatan ulang tahun Unit Pengelola Dana Bantuan (UPDB) yang ke 9 saat itu, sebesar 15 persen dari total pendapatan UPDB pada tahun 2016 akan disalurkan untuk anak yatim dan bantuan sosial lainnya, bahkan kedepannya bantuan yang dilaksanakan BKAD juga bisa membantu permodalan kecil dan menengah masyarakat Jatinunggal untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat jatinunggal. Pada tahun 2016 lalu, UPDB Jatinunggal telah berhasil mengumpulkan dana senilai satu Milyar tiga ratus tujuh puluh sembilan juta rupiah.

    Sementara itu, Baznas kab. sumedang yang melanjutkan Roadshow nya ke 26 Kecamatan yang ada di kab. sumedang saat itu, melakukan penyaluran dana zakat dalam bentuk pemberian bantuan sembako untuk kaum dhuafa, anak yatim, bantuan rumah tidak layak huni serta bantuan sarana pendidikan, dan bantuan sarana dan prasarana keagamaan yang ada di kecamaatan jatinunggal. 

    Dalam sambutan yang disampaikan Bupati Eka, Ia menyampaikan harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan bantuan sosial yang diberikan BKAD dan Baznas saat itu, bisa bermanfaat untuk masyarakat jatinunggal. “Mudah-mudahan bantuan yang diberikan untuk warga masyarakat Jatinunggal yang membutuhkan ini dapat bermanfaat, dan saya berpesan kepada seluruh masyarakat jatinunggal agar tetap bersatu padu menjada kekompakan. Selanjutnya kepada seluruh aparatur pemerintah kecamatan dan desa jatinunggal, kiranya kehadiran kita sebagai aparat pemerintah daerah harus mampu dirasakan oleh masyarakat dan kehadiran kita selaku aparatur juga harus bisa dekat dan peduli terhadap masyarakatnya,”tukasnya.

    Masih dalam kesempatan yang sama, turut hadir pula Ibu Hanne Budhi Eka Setiawan, yang kehadiran dirinya di kecamatan jatinunggal adalah untuk melaksanakan prosesi pelantikan serah terima jabatan Ketua PKK kec. Jatinunggal, seiring dengan adanya pergantian Camat sebagai imbas dari pelaksanaan SOTK baru yang dilakukan beberapa waktu yang lalu.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus