Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gelar Budaya Hari Jadi ke-204 Kabupaten Garut dibuka Deputi Kemenpar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21502.jpg

    Gelar Budaya Hari Jadi ke-204 Kabupaten Garut dibuka resmi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Kementrian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti, Rabu (22/2/2017), ditandai pemukulan kendang. Selain disaksikan Bupai Garut H. Rudi Gunwan dan para tamu undangan, termasuk perwakilan utusan 4 kedutaan besar (Australia, Amerika Serikat, India, Vietnam, dan JermanUsai). Menuju tamu kehormatan, Bupati dan rombongan dijemput Kesenian Tradisional Surak Ibra. Pembukaan ditandai suguhan kesenian tradisional melibatkan 22 komunitas kesenian yang ada di Garut, serta turut menyemarakkan  helaran budaya dari 5 kabupaten di Jawa Barat, 5 Provinsi,  dan seni budaya dari empat benua. 

    Dari pantauan di lokasi perhelatan tampak masyarakat tumpah ruah memadati sepanjang Jalan Jendral A. Yani, didukung cuaca cerah turut melengkapi kegembiraan masyarakat dalam menyambut hari jadinya. Menariknya, rombongan kesenian dari Kabupaten Purwakarta menghadirkan orang nomor satu di Purwakarta, H. Dedi Mulyadi, dengan pakaian khasnya berbaju dan celana panjang berbalut ikat kepala dengan menggendong bocah yang berlumuran tanah.

    Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Kementrian Pariwisata RI, Esthy Reko Astuti mengatakan, helaran memperingati HJG Ke-204 patut diapresiasi, karena didukung oleh seluruh elemen, termasuk dari lingkungan Industri serta Pesona Indonesia.  Menurutnya, tema yang diusung Mapag Abad Kadigjayaan (menyambut Abad kejayaan), sepatutnya meraih kejayaan serta keberhasilan yang diimpikan oleh seluruh masyarakat Garut.

    Gebyar budaya dibuka dengan sebuah prosesi seni bertemakan Intan Rumingkang Midang Dangiang, dimeriahkan sekitar seratus siswa SMP dan SMA di Garut, dilanjutkan kirab congcot/tumpeng lengkap dengan jampana diikuti setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kecamatan, dan defile batik Garutan.

    Gebyar Budaya Garut 2017 menjadi ajang silaturahmi antarseniman Jawa Barat sekaligus promosi kesenian daerah. Para seniman tampil membawakan kesenian daerahnya masing-masing, diantaranya Manuk Dangdut dari Indramayu, Genjring Bonyok dari Subang, Sapi Gumarang dari Kabupaten Bandung Barat, dan Terbang Sejak dari Kabupaten Garut. Kostum para seniman dari Subang tak kalah menarik. Sejumlah laki-laki mengenakan kostum ular, yang lainnya memakai kostum tikus.

    Bupati Garut Rudy Gunawan memberikan apresiasinya kepada seluruh elemen yang terlibat dalam gelar budaya ini, bahkan kabupaten dan provinsi lain yang turut memeriahkan acara ini. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus