Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penyusunan RKBMD Terkait Penilaian WTP

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21514.jpg

    Wakil Wali KOTA BOGOR- Usmar Hariman membuka Sosialisasi Tata Cara Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) di Lingkungan Pemerintah Kota Bogor di Ballroom Hotel Grand Mulya, Sukaraja Bogor, Selasa (21/2/2017). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya memperbaiki  laporan keuangan mengenai barang atau aset dari seluruh perangkat daerah, agar bisa mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

    Usmar berharap agar pegawai di seluruh OPD termasuk Kecamatan dapat fokus, sesuai dengan tugas fungsi yang  telah diamanahkan  untuk menyusun RKBMD. Jika tata kelola penyusunan RKBMD dilakukan dengan baik maka Usmar optimis, Kota Bogor akan mendapatkan penilaian WTP .

    “Nanti ketika tim Audit BPK membandingkan laporan dengan fakta yang ada di lapangan dan hasilnya ternyata akurat, maka tidak menutup kemungkinan Kota Bogor akan mendapatkan penilaian WTP,” katanya. Namun sebaliknya, “Jika terjadi kesemrawutan penyusunan dan tidak akurat hasil laporannya maka cita-cita untuk mendapatkan penilaian WTP akan sirna,” lanjutnya.

    Tata aturan penyusunan laporan antara kuasa pengguna barang dan pengelola barang tersebut tentunya harus menjadi satu kesatuan yang utuh. Dengan begitu  laporan yang dibuat akan tersusun secara rapi dan mudah diidentifikasi,  selanjutnya dilaporkan ke BPKAD dan masuk ke dalam neraca aset.

    Usmar mengingatkan, saat ini neraca keuangan Kota Bogor ternilai baik. Berbeda dengan neraca aset Kota Bogor yang masih harus disusun lebih baik. Diantaranya dengan melakukan sosialisasi penyusunan RKBMD “Melalui sosialisasi seperti ini, maka keseragaman pemahaman, keseragaman persepsi, keseragaman langkah serta keseragaman standarisasi penyusunan akan berjalan dengan baik dan terkoordinasi,” katanya. (Reysha/Tria/Indra) Mor

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus