Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Manfaatkan IBRAF Untuk Tebarkan Aroma Kopi Puntang Ke Seluruh Dunia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21531.jpg

    BANDUNG–Booth Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencuri perhatian pada gelaran exhibition (pameran) dalam rangka memeriahkan Forum penyiaran internasional atau International Conference "Media For World Harmony" & The 5th Annual Meeting of IBRAF di Trans Luxury Hotel Bandung, yang dimulai dari Rabu (23/2/17).   

    Pada hari kedua pelaksanaan gelaran ini, berbagai macam sajian khas Jawa Barat sukses menarik antusiasme para peserta dari 40 Negara. Salah satunya adalah Kopi Gunung Puntang Jawa Barat, yang menjadi juara dalam Specialty Coffee Association of America Expo 2016 di Atlanta, Amerika Serikat.

    Kemarin (Rabu-red), usai pembukaan acara konferensi internasional ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyempatkan diri untuk mengunjungi booth Pemprov Jabar dan menikmati Kopi Gunung Puntang bersama para peserta dan rekan-rekan wartawan. Aher sempat mengungkapkan harapannya semoga ajang ini dapat menambah harum aroma Jawa Barat ke dunia internasional.

    Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Setda Jabar Ade Sukalsah sebagai penanggung jawab booth Jabar mengatakan kehadiran Kopi Puntang di booth bukan tanpa alasan. “Kopi puntang adalah legenda kopi java, sejak zaman kolonial sudah termasyhur. Saat itu aroma Arabika beredar di daratan Eropa juga Amerika dan mendapat brand kopi dunia. Sejarah saat ini lahir kembali tatkala kontes kopi sedunia di Atalanta USA tahun lalu, Puntang merajai dan mendapat mahkota Juara I,” katanya.

    Menurutnya, sudah sepatutnya Jabar berbangga dan mempublikasikannya dalam booth Humas Pemprov Jabar, terutama kepada para delegasi IBRAF dari mancanegara. Harapannya Java Coffee kembali bersinar di pentas dunia dan impactnya menggairahkan ekonomi masyarakat.

    “Perlakuan yang sama pun kami terapkan untuk produk UMKM lain yg digelar di booth, ragam produk kriya yg berkualitas dijajakan. Pokoknya meski event broadcasting sekalipun tema kami tetap fokus pada ekonomi kerakyatan,” jelas Ade.

    Selain sajian kopi, dalam booth tersebut terdapat berbagai macam kerajinan binaan Dekranasda Provinsi Barat, yakni TARA Bag (Kerajinan berbentuk Tas Tangan Wanita) asal Tasikmalaya, dan berbagai macam kerajinan tangan dari bahan Tanduk Sapi asal Sukabumi. Para pengunjung dihibur pula oleh tayangan pariwisata dan kearifan lokal Jawa Barat serta Buku Pengetahuan mengenai Jawa Barat.

    “Tentunya hal ini menjadi salah satu ajang promosi yang luar biasa bagi Jawa Barat karena dalam event tahunan ini mendatangkan sekitar 500 Delegasi dari 40 Negara di belahan dunia, sehingga produk asli Jawa Barat dapat dikenal dan dinikmati oleh semua kalangan di dunia,” katanya.

    Forum IBRAF atau International Broadcasting Regulatory Authorities Forum, yang dihadiri oleh para regulator penyiaran dari 36 Negara OKI (Organisasi Konferensi Islam) dan 10 Negara pemantau ini, membahas tentang persoalan konvergensi media dan teknologi siaran serta mengupas konsep dan pelaksanaan alih teknologi media dunia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus