Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Eka tinjau pekerjaan URCPS

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21545.jpg

    SUMEDANG-Unit Reaksi Cepat Penanganan Sampah (URCPS) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang, telah memulai aktivitasnya sebagai tim “penyapu” sampah, setelah keberadaannya dicanangkan oleh Bupati Sumedang beberapa waktu yang lalu.

    Setelah sehari sebelumnya URCS membersihkan saluran air yang berada di Jalan Kutamaya sekitaran Islamic Center Sumedang, pada Kamis (23/2) ini, URCS kembali melakukan aktivitas membersihkan sampah di tiga titik, dimulai dari wilayah Gunung Kunci, Rancamulya, dan terakhir dilakukan pada saluran air yang terletak di depan Halte Taman Endog.

    Pekerjaan yang dilakukan URCS, tepatnya pada drainase/saluran air yang berada diantara Toko Tek Seng sampai dengan Toko Kota Lima pun telah berhasil “mengamankan” sampah, dengan mengangkat dua kontainer atau sekitar kurang lebih lima belas kubik sampah yang selama ini menyumbat saluran air di tempat tersebut sehingga di kala hujan datang, hampir bisa dipastikan air yang berasal dari saluran air tersebut meluber.

    Menurut H. Ayuh Hidayat selaku penanggungjawab URCS mengatakan, Unit nya tersebut bergerak berdasarkan laporan dari masyarakat yang dilakukan melalui sambungan telepon dan media sosial seperti Facebook dan Instagram URCS. “Di awal kita bekerja saat ini, kita baru melayani wilayah perkotaan dan kita bekerja atas dasar informasi dari masyarakat. Besok pun (24/2) kita mempunyai dua target operasi yaitu di sekitar Tegalkalong, atas hasil masukan dari media sosial yang dilaporkan warga Sumedang,” paparnya.

    Pada saat tim URCS tengah bekerja membersihkan sampah di saluran air dekat Toko Tek Seng, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan menyempatkan diri untuk meninjau pelaksanaan pekerjaan URCS saat itu. Ketika melakukan peninjauan tersebut, Eka sempat menginstruksikan kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Ka sat Pol PP) Kabupaten Sumedang Asep Sudradjat, untuk melakukan pemantauan terkait perijinan bangunan khususnya bangunan-bangunan yang telah menutup saluran air dan diduga juga menjadi penyebab naiknya air di saat musim penghujan seperti sekarang ini.

    “Saya perintahkan Pak Asep (Kasat Pol PP) untuk melakukan investigasi terkait izin bangunan yang berdiri di atas saluran air di sini, dan saya minta kepada semua pihak terkait agar menuntaskan segala permasalahan sehingga kawasan ini nantinya bebas dari banjir yang disebabkan buruknya drainase dan bisa tampil lebih cantik lagi,” tukas Eka. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus