Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati himbau warga mampu agar membayar zakat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21546.jpg

    KAB SUMEDANG-Roadshow Baznas Sumedang terus berlanjut dengan mengunjungi dua kecamatan sekaligus, yaitu Kecamatan Conggeang dan Kecamatan Paseh, pada Kamis, (23/2), yang dihadiri Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, Asissten Pembanguan Dede Hermasyah, Asisten Administrasi Dadang Sukma, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Agus Muslim, serta para Camat beserta unsur Forkopimpa dan para kepala desa dari kedua kecamatan masing-masing.

    Seperti apa yang diungkapkan Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ali Badjri saat itu, Roadshow Baznas yang dilaksanakannya ke semua kecamatan yang ada di kabupaten sumedang tersebut adalah dalam rangka pelaksanaan sosialisasi Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2016 tentang pengelolaan zakat infaq dan sedekah sekaligus penyaluran/pendayagunaan zakat yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Sumedang.

    Dalam setiap roadshownya, Baznas Kabupaten Sumedang memberikan berbagai jenis bantuan berbentuk sembako untuk kaum dhuafa, bantuan bagi anak yatim, bantuan sarana keagamaan, Bantuan untuk Rumah tidak layah huni serta bantuan-bantuan sosial lainnya.

    Dikatakan Ali, bahwa untuk kegiatan roadshow ke semua kecamatan yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten sumedang, Baznas Sumedang menganggarkan dana yang didapatkan dari hasil zakat, infaq dan sedekah para muzakki, yaitu tak kurang dari 1,8 Milyar. 

    Sementara itu, Bupati Sumedang Eka Setiawan dalam roadshow Baznas di dua kecamatan tersebut turut menghimbau kepada masyarakatnya agar dapat lebih memacu pendapatan Baznas dengan membayar zakat, infak dan sedekah bagi yang mampu, melalui Unit Pengumpul Zakat di masing-masing kecamatan maupun dengan datang langsung ke Kantor Baznas Sumedang.

    “Tentu dengan semakin besarnya dana yang terkumpul dari hasil kita membayar zakat, maka kita akan turut membantu saudara kita yang memang masih memerlukan bantuan kita. Karena, dana yang terkumpul di Baznas juga nantinya akan disalurkan kembali melalui berbagai kegiatan sosial,”Ujar Eka.

    Adapun santunan-santunan yang diberikan Baznas untuk masyarakat Kecamatan Conggeang yaitu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk satu rumah RTLH sebesar sepuluh juta rupiah, anak yatim sebanyak 24 orang, sembako untuk kaum dhuafa untuk 60 Kepala Keluarga (KK),  Bantuan sarana keagamaan sebanyak 9 sarana yang masing-masing sarana mendapatkan satu juta rupiah, bantuan Mandi Cuci Kakus (MCK) untuk Ardisela Conggeang sebesar lima juta rupiah, dan bantuan kebakaran untuk untuk salah seorang warga yang berasal dari Dusun Kawungluwuk Desa Conggeang Kulon sebesar lima juta rupiah.

    Sementara santunan-santunan yang diberikan di Kecamatan Paseh yaitu untuk RTLH sebanyak dua rumah yang masing-masing RTLH mendapatkan bantuan sebesar 10 juta rupiah, untuk anak yatim sebanyak 20 orang, paket sembako untuk 50 orang KK, bantuan kegiatan Dakwah  Milangkala Kecamatan Paseh sebesar satu juta rupiah dan bantuan bencana tanah longsor sebesar satu juta rupiah. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus