Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Roadshow Baznas putaran tujuh dilaksanakan di Kecamatan Tomo dan Ujungjaya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21641.jpg

    SUMEDANG- Suhu udara khas daerah dataran rendah menyambut Bupati Sumedang yang datang bersama Asisten Pembangunan, Asisten Administrasi, Staff Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta beberapa Kabag Setda Kab. Sumedang, saat mengunjungi dua Kecamatan di wilayah Kabupaten Sumedang yaitu Kecamatan Tomo dan Ujungjaya untuk mengikuti Roadshow Baznas dalam rangka sosialisasi Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2016 tentang pengelolaan zakat infak dan sedekah sekaligus penyaluran/pendayagunaan zakat yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Sumedang.

    Roadshow Baznas itu sendiri pada hari ini (Selasa, 28 Februari) telah memasuki putaran ketujuh, yang menurut jadwal kegiatan roadshow dengan berkunjung ke semua Kecamatan yang ada di Kab. Sumedang tersebut akan berakhir pada bulan Maret yang akan datang. Hal itu seperti yang diungkapkan H. Ali Badjri saat membacakan laporannya dalam acara roadshow di hadapan Bupati, Selasa, (28/2).

    Dikatakan Ali, roadshow Baznas yang Ia laksanakan adalah sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Kab. Sumedang, khususnya dalam program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. “Program pemerintah adalah program yang sulit, karena harus memikirkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, kita (Baznas) berusaha membantu meringankan Pemerintah, karena kegiatan Baznas berbentuk kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu, seperti pemberian bantuan untuk rumah tidak layak huni, bantuan bagi anak yatim piatu, bantuan sarana dan prasarana pendidikan dan keagamaan, bantuan permodalan dengan bunga nol persen, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya,”paparnya.

    Sementara itu, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan menyampaikan di dua Kecamatan yang Ia kunjungi saat itu, dengan menyebut dua kecamatan tersebut sebagai daerah strategis dengan adanya Waduk Jatigede, Jalan Tol Cisumdawu dan rencana pembangunan Bandara Internasional Kertajati. “Dengan berbagai potensi yang dimiliki tersebut, Pemerintah Daerah akan mendorong masyarakat agar bisa menangkap peluang yang hadir, sehingga harapannya bisa memperbaiki bahkan meningkatkan perekonomian keluarga,”ujar Eka.

    Eka menambahkan, untuk bisa memanfaatkan kondisi sehingga mampu dijadikan peluang, maka harus diimbangi dengan peningkatan pada Sumber Daya Manusia masyarakatnya. 

    Terkait pelaksanaan Roadshow Baznas yang dihadiri oleh Camat, para Ketua TP PKK Kecamatan dan para Kepala Desa dari kedua kecamatan masing-masing, telah dilakukan penyerahan berbagai santunan yang diberikan Baznas untuk masyarakat Kecamatan Tomo yaitu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk satu rumah RTLH sebesar sepuluh juta rupiah, anak yatim sebanyak 18 orang, sembako untuk kaum dhuafa untuk 45 Kepala Keluarga (KK),  Bantuan kegiatan Dakwah pembinaan Imam Khotib sebesar satu juta rupiah, bantuan sarana untuk Gedung Dakwah sebesar satu juta rupiah, dan bantuan pengobatan untuk Ny. Yoyoh warga Desa Jembarwangi sebesar 750 ribu rupiah.

    Sementara santunan-santunan yang diberikan di Kecamatan Ujungjaya yaitu untuk RTLH sebanyak dua rumah yang masing-masing RTLH mendapatkan bantuan sebesar 10 juta rupiah, untuk anak yatim sebanyak 18 orang, paket sembako untuk 45 orang KK, bantuan sarana untuk pengadaan perlengkapan jenazah di Desa Sukamulya sebesar satu juta rupiah dan bantuan untuk renovasi MDTA Darul Falah Desa Sakurjaya sebesar satu juta rupiah.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus