Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher: KUA Harus Lebih Berwibawa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21668.jpg

    CIREBONKAB-Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai lembaga vertikal terbawah di lingkungan Kementerian Agama, harus meningkatkan kewibawaannya. Sebabnya, menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, KUA tugasnya bukan hanya sebagai pencatat pernikahan tetapi jauh lebih besar dari itu.

    "Orang hanya mengenal KUA sebagai kantornya penghulu dan tugasnya hanya mencatat pernikahan. Padahal tugas utama yang justru lebih berat dan penting adalah sebagai lembaga penjaga kerukunan umat beragama," ungkap Aher dalam pembukaan Raker Kementerian Agama Provinsi Jabar 2017 di Kabupaten Cirebon, Kamis (2/3).

    Oleh karena itu, Aher mengatakan untuk menjalankan tugasnya sebagai penjaga kerukunan umat beragama, kapasitas dan kredilibitas KUA harus ditingkatkan.

    "Diantaranya dengan meningkatkan kemampuan keilmuan para pegawai KUA agar wawasan dan pengetahuannya bertambah, sehingga mampu menjawab tantangan jaman dalam urusan keragaman beragama khususnya," ungkap Aher.

    Kantor Urusan Agama juga diharapkan menjadi lembaga pembina keragaman umat beragama di tingkat bawah. "Percikan-percikan akibat perbedaan itu bisa terdeteksi dari tingkat bawah, sehingga mampu dibendung tidak sampai meluas dan menyebabkan perpecahan. Dan itu menjadi tanggung jawab awal dari KUA," pungkas Aher.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus