Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ulang Tahun Ke-7, Sumeks gelar Workshop Gerakan Literasi Sumedang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21683.jpg

    SUMEDANG- Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 7, Harian Pagi Sumedang Ekspres menginisiasi Workshop Gerakan Literasi Sumedang yang diselenggarakan di Atrium Asia Plaza Sumedang, Kamis, (2/3) dengan menghadirkan para siswa dari berbagai sekolah setingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di wilayah Kabupaten Sumedang selaku peserta Workshop. 

    Pada acara yang dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Sumedang, H. Zaenal Alimin yang didampingi Hj. Ani Gestaviani selaku Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kab. Sumedang Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Barat, para Guru pendamping serta General Manager Asia Plaza Sumedang dan undangan lainnya, dikatakan General Manager Harian Pagi Sumedang Ekspres, Handri, bahwa Workshop yang mengambil tema ‘Menggali Potensi Diri Melalui Literasi’ tersebut dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan minat baca dan menulis khususnya bagi para pelajar.

    “Para pelajar merupakan Generasi Emas. Oleh karena itu, diharapkan melalui acara ini para pelajar jadi mempunyai hobi baca dan tulis. Dengan begitu, harapan jangka panjangnya siswa-siswi ini ke depan akan mampu membaca berbagai peluang yang ada di Kab. Sumedang, sehingga akan berguna pula terhadap kemajuan pembangunan Sumedang dan Jawa Barat” ujar Handri.

    General Manager Asia Plaza, Budi mengamini pernyataan Handri. Ia pun lantas mengatakan bahwa minat baca yang ditanamkan sejak kecil sebagaimana salah satu literatur yang dibacanya menyebutkan dimana apabila anak dari sejak usia 3 bulan sudah diajarkan literasi, akan membawa efek yang luar biasa ketika anak tersebut menginjak bangku sekolah. “Atas dasar hal tersebut, kita pun ingin memfasilitasi semua kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan ilmu pendidikan, termasuk yang diprakarsai oleh Sumedang Ekspres saat ini,”kata Budi.

    Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Barat yang hadir mewakili Ibunda Literasi, Hj. Netty Heryawan ikut menuturkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia saat ini masih jauh di bawah Negara Asean lainnya. “Oleh karena itu, saya mengapresiasi Harian Pagi Sumedang Ekspres sebagai penyelenggara kegiatan Workshop ini,”tutunya.

    Kemudian Ia pun selaku Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jabar berharap, Kab. Sumedang ke depan dapat membuat Perpustakaan paradigma baru. “Perpustakaan saat ini tidak hanya berbenuk fisikal, tapi sudah banyak juga dengan bentuk digital. Dan saya berharap melalui Pak Sekda (Zaenal) di Kab. Sumedang dapat membuat Perpustakaan Paradigma baru,”imbuhnya.

    Setelah menyampaikan ucapan selamat terkait ulang tahun Sumedang Ekspress ke 7, Sekda Zaenal pun berterima kasih kepada Harian Pagi Sumedang Ekspres yang dinilainya telah turut berjuang melakukan inovasi bagi Sumedang, dengan berhasil menyelenggarakan kegiatan Workshop saat itu. 

    Diungkapkan Zaenal, berdasarkan hasil survey yang Ia ketahui, sebanyak 90,27 persen masyarakat Indonesia lebih suka menonton televisi dan bermain gadget, dan hanya beberapa persen saja yang gemar membaca. “Indeks membaca masyarakat saat ini adalah satu per seribu, artinya dari seribu orang hanya satu yang suka membaca. Hal itu tentu menunjukan bahwa tngkat baca yang sangat rendah,”ungkapnya.

    Zaenal pun berharap, dengan diselenggarakannya workshop Gerakan Literasi Sumedang bisa turut memotivasi yang tidak hanya bagi kalangan pelajar, melainkan juga bagi masyarakat secara umum. “Hendaknya hobi membaca tidak hanya bagi anak-anak pelajar saja, tapi untuk guru dan masyarakat secara keseluruhan juga. Saya pun turut mendo’akan kepada anak-anak yang notabene generasi penerus bangsa, sehingga ke depan bisa jadi gerasi yang berkualitas. Kuncinya adalah kita membaca,”tandasnya.

    Sesuai rencana, workshop tersebut akan dilaksanakan selama satu hari, dengan menyajikan materi yang disampaikan oleh Ny. Hj. Ani Gestaviani selaku Ketua P2TP2A dan Maman Suherman yang merupakan penulis dan Notulen Indonesia Lawak Klub Trans 7.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus