Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPPD Bandung Lakukan Sensus PBB

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21756.jpg

    BANDUNG-Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung tahun ini akan melaksanakan sensus Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ke seluruh wilayah Kota Bandung.

    Kepala Bidang Pengendalian Pajak BPPD Kota Bandung, Apep Insan Parid mengatakan, sensus PBB dilakukan untuk verifikasi data PBB agar pendataan pajak menjadi lebih valid.

    “Saat ini dikemukakan banyak data Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) yang tercatat ganda di kami, sehingga berpengaruh terhadap data perolehan pajak yang berasal dari PBB Kota Bandung,” kata Apep, Selasa (07/03).

    Menurut Apep, dalam sensus tersebut pihaknya tidak hanya mendata ulang pemilik SPPT, juga dilakukan untuk mendata apabila ada objek pajak yang belum terdaftar atau terjadi perubahan luasan tanah, maupun luasan bangunan.

    “Selama ini, masyarakat dinilai tidak semuanya tertib dalam memberikan perubahan data pada SPPT sehingga menurunkan validitas data di BPPD. Banyak kasus di masyarakat, misalnya tanahnya di split (dibagi) karena warisan atau di merger (digabung) karena perluasan dua bidang, Mereka biasanya tidak langsung lapor,” ucapnya.

    Guna melaksanakan sensus tersebut, BPPD Kota Bandung akan merekrut kurang lebih 2.000 orang sebagai surveyor, dimana tim ini akan disebar ke seluruh wilayah Kota Bandung di 30 kecamatan. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus