Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    30 Karya Pelukis Legendaris Oemar Basalmah Dipamerkan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21836.jpg

    BOGORKOTA-Mimpi 50 tahun silam Almarhum Oemar Basalmah untuk menggelar pameran lukis bersama anak-anaknya akhirnya akan segera terwujud. Pelukis tertua Indonesia ini menjadi salah satu maestro legendaris dari Kota Bogor. Karya-karyanya pun banyak diminati kolektor lukisan termasuk diantaranya Ir. Soekarno. Pameran lukisan bertajuk “Oemar Lukman Ibrahim (OLI)” yang akan digelar Sabtu (11/03/17) hingga Minggu (19/03) di Lippo Plaza Ekalokasari, Kota Bogor itu sebagai bentuk bakti kepada orangtua dari kedua anaknya Lukman Basalmah dan Ibrahim Basalmah.

    “Pameran ini juga sebagai penghargaan terhadap kiprah Oemar yang selalu aktif melukis sekaligus membangkitkan semangat para pelukis muda di Kota Bogor supaya terus aktif dan produktif,” ujar Event Manager, Ayu Alfi Said seusai audiensi dengan Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman di Balaikota Bogor, Kamis (09/03/17).

    Ibrahim Basalmah menuturkan, sedikitnya ada 100 lukisan yang akan dipamerkan, diantaranya 30 lukisan merupakan hasil karya ayahnya (Alm) Oemar Basalmah. Mulai dari lukisan buah, sungai cisadane, durian, ceremai, jambu air, gunung gede dan masih banyak lagi. Lukisan-lukisan Oemar yang dikenal lebih bergaya naturalis itu bukan tanpa alasan, Oemar belajar melukis tanpa seorang guru, namun ia sangat terinspirasi terhadap sosok Ernest Dezentje dan Abdullah Surio Subroto.

    “Menurut ayah, guru terbaik itu adalah alam dan beliau belajar melukis dari alam,” terangnya.

    Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi gelaran Pameran lukis ini. Apalagi Usmar juga mengaku cukup mengenal sepak terjang dari keluarga Basalmah terutama Oemar Basalmah sebagai salah satu pelukis yang sangat diperhitungkan. Tema lukisan naturalis pun dinilai sangat menarik untuk ditampilkan ke masyarakat.

    “Saya minta untuk diundang juga hotel, restauran yang ada di Kota Bogor untuk ikut berpartisipasi membeli lukisan karya pelukis-pelukis asli Kota Bogor,” tegasnya.

    Usmar meminta kedepan Dewan Kesenian Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) dan Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bogor mengupayakan untuk menyediakan etalase lukisan bekerja sama dengan hotel dan restoran di Kota Bogor, sehingga hasil karya para pelukis, pelukis jalanan dapat dipamerkan dan menarik wisatawan ke Kota Bogor.

    “Selain pameran, kami juga berfikir untuk membukukan hasil karya-karya pelukis sebagai dokumentasi untuk generasi selanjutnya,” pungkasnya (fla/ismet) SZ

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus