Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Kembangkan GEMPITA

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22050.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengembangkan program Gempita atau kepanjangan dari "gerakan menabung penghuni appartement transit dengan tujuan apabila telah habis masa tinggal di apartemen transit maka penghuni akan memiliki uang muka untuk membeli rumah sendiri.

    "Dalam pengelolaan apartement transit ini dikembangkan konsep tabungan bagi para penghuninya dan dikenal dengan nama 'gempita'," kata Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa saat memberikan sambutan pada Rakor Pemetaan Potensi Pembangunan Rumah Tahun Anggaran 2017-2018, di Bandung, Selasa (21/3).

    Ia mengatakan di Provinsi Jawa Barat sudah dibentuk balai yang khusus menangani rusunawa di bawah struktur dinas perumahan dan kawasan permukiman.

    "Di Pemprov Jawa Barat terdapat rusunawa dengan istilah appartement transit yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, pekerja industri dan PNS di lingkungan pemerintah provinsi Jawa Barat golongan satu dan dua" kata dia.

    Menurutnya, kebutuhan rumah tinggal di Indonesia masih cukup tinggi yakni sampai tahun 2016 saja tercatat kebutuhan rumah nasional mencapai 7,5 juta unit (backlog).

    "Jawa Barat menyumbang angka sekitar 18,6 persen backlog nasional atau sekitar 1,4 juta unit," ujar Iwa.

    Dirinya menuturkan permasalahan ini perlu terus dicarikan solusinya sehingga secara bertahap kebutuhan rumah tinggal bagi masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah dapat dipenuhi.

    "Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, berbagai regulasi telah dilaksanakan, baik pemerintah pusat melalui program pembangunan satu juta rumah di tahun 2017 dan 2018, pemerintah daerah melalui penyediaan lahan bagi pembangunan rusunawa maupun para pelaku usaha bidang properti melalui pembangunan rumah," pungkasnya. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus