Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Guru Diharapkan Lestarikan Bahasa Sunda

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22117.jpg

    BOGORKOTA-Guru bahasa sunda di Kota Bogor memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik dari segi pendidikan, kota asal dan juga budayanya. Untuk itu, agar mereka dapat bersinergi dan mempunyai visi yang sama dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa Barat diperlukan upaya, salah satunya yakni melalui Workshop Bahasa Sunda dan Kaulinan Urang Lembur.

    Hal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Sejarah Pelestarian Nilai Tradisional Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Lusi Rossela, di ruang Bale Seda Bakorwil, jalan Ir. H. Djuanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Kamis (23/03).

    Lusi menuturkan, guru bahasa sunda harus mempunyai wawasan berbahasa dan berbudaya sunda. Melalui workshop inilah mereka diberikan pelatihan dan pemahaman, diharapkan nantinya mereka akan menularkan bahasa dan budaya sunda kepada siswa-siswi di sekolahnya masing-masing.

    Selain bahasa sunda, peserta workshop juga akan mendapatkan materi tentang kaulinan urang lembur di Jawa Barat terutama di Bogor yang jumlahnya ratusan. Namun diantaranya ada beberapa yang dipilih dan memadai untuk siswa-siswi SMP di Kota Bogor. Permainan ini tentunya sesuai dengan lomba yang rutin setiap tahun digelar.

    “Permainan ini sangat bermanfaat karena selain menumbuhkan rasa solidaritas, kebersamaan dan kreatifitas juga menguatkan mental, sehingga para siswa tidak saja memiliki mental yang kuat, tetapi juga percaya diri,” ujar Lusi. (Tria/Met).SZ

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus