Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    1000 Anak SD Ikut Acara Sikat Gigi Massal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22120.jpg

    SUMEDANG-Sebanyak 1000 siswa Sekolah Dasar (SD) di wilayah kecamatan Cimalaka mengikuti kegiatan penyuluhan, pemeriksaan dan sikat gigi massal yang bertempat di lingkungan SD Margamukti, Kecamatan Cimalaka, Jum’at, (24/3).

    Kegiatan sikat gigi massal tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dalam rangka Hari Ulang Tahun Sumedang yang ke-439, sekaligus memperingati Hari Kesehatan Gigi Dunia atau World Oral Health Day (WOHD).

    Adapun sekolah yang diikutsertakan pada kegiatan tersebut yaitu SDN Margamukti, SDN Palasah, dan SDN Cimalaka III.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Drs. H. Zaenal Alimin, MM menghadiri serta membuka acara tersebut dengan didampingi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Perwakilan, Camat Cimalaka beserta ibu, unsur forkopimka Cimalaka, Pengurus wilayah PDGI Jawa Barat, Para kepala sekolah dan guru, serta unsur terkait lainnya.

    Kepala Sekolah Dasar Negeri Margamukti, Rohman,S.P.d, Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut, “Saya menyambut baik dan mendukung secara penuh program PDGI, Karena menurut saya kegiatan ini sangat edukatif dan bisa membina para siswa untuk menjadi generasi yang cerdas di masa yang akan datang,” ujarnya.

    Disampaikan oleh drg. Rahmat Juliadi, M.HKES, Selaku Pengurus Wilayah  PDGI Jawa Barat, Bahwa kegiatan sikat gigi massal  tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT Sumedang  yang bersamaan dengan Hari Kesehatan Gigi Dunia. Kemudian, lanjut Rahmat, Kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan bulan April yang akan datang.

    “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak akan pentingnya kesehatan gigi, saya berharap, seluruh lapisan masyarakat memiliki kesadaran untuk memelihara kesehatan gigi, sehingga bisa berkontribusi secara langsung untuk Sumedang sehat, Jawa Barat sehat, bahkan untuk Indonesia sehat,” paparnya.

    Dikatakan Rahmat, PDGI Jawa Barat akan selalu memberikan support serta dukungan untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PDGI Cabang Sumedang.

    Ketua panitia Hari Jadi Sumedang yang ke-439, Retno Ernawati,S.Sos dalam sambutannya yang dibacakan oleh dr.Hj. Anna Hernawati Sabana, M.K.M, menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif PDGI cabang Sumedang. “Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa meningkatkan kesehatan masyarakat, Saya harap, PDGI Sumedang diharapkan bisa terus aktif mengikuti berbagai macam kegiatan untuk program kesehatan masyarakat,” katanya.

    Zaenal, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas prakarsa PDGI Cabang Sumedang untuk terselenggaranya acara tersebut. Kemudian, lanjut Zaenal, Seluruh program pembangunan merupakan tugas seluruh lapisan masyarakat. Masih menurut Zaenal, Kualitas Sumber Daya Manusia bukan hanya dibentuk melalui bidang pendidikan, akan tetapi dibentuk juga di bidang kesehatan.

    ”Saya berharap, peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) bisa ditingkatkan lagi, karena pendidikan usia sekolah dasar itu lebih berbekas dibandingkan pendidikan ketika dewasa, untuk itu, berbagai macam pembinaan, perlu dilakukan sejak usia dini,” ujar Zaenal.

    Dikatakan Zaenal, Dinas Kesehatan bisa berkoordinasi dengan pihak UKS tiap-tiap Sekolah, untuk diadakannya kegiatan pembinaan tentang pentingnya kesehatan dari usia dini, termasuk kesehatan gigi. “Upaya meningkatkan kondisi kesehatan gigi, bisa diantisipasi dengan pemeriksaan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus