Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aerli Rasinah: Buat Saya, Topeng Itu Hidup

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1147.JPG

    BANDUNG – Aerli Rasinah (26) adalah penari Topeng Cirebon yang tidak lain adalah cucu dari maestro Topeng Cirebon almarhumah Mimi Rasinah. Ditemui dalam sebuah kesempatan di Bandung beberapa waktu lalu, kepada Jabar.go.id Aerli mengaku belajar tari topeng sejak kelas 5 SD, diajarkan langsung oleh sang nenek, Mimi Rasinah.

    “Buat saya tari topeng itu sudah menjadi hidup dan penghidupan saya. Sejak kecil saya sudah akrab dengan tari topeng, karena nenek adalah penari topeng hingga akhir hayatnya” tutur Aerli

    Uniknya menurut Aerli, Mimi Rasinah mengajarkan tari tepeng biasanya tanpa iringan musik, hanya pakai tiruan bunyi musik dari suaranya saja. Selain itu, Mimi membirakan Aerli mencari tahu sendiri tentang apa itu tari Topeng Cirebon.

    “Mimi Ras (panggilan akrab Mimi Rasinah-Red) itu kalau ngajar nari seringnya tanpa musik, tetapi dengan tiruan bunyi dari suaranya saja. Tapi meski dengan itu, saya dah bisa mengikuti irama gerakan tarinya. Kemudian untuk memahami falsafah tari Topeng, saya dibiarkan mencari sendiri oleh Mimi Ras” katanya.

    Aerli juga sempat mengaku jenuh dengan tari Topeng ketika duduk di bangku SMA, namun dengan sendirinya gairah untuk menari topeng itu datang sendiri dari dirinya, apalagi semenjak Mimi Rasinah berpulang. Dan sebelum berpulang, Mimi sempat berpesan agar agar menjaga cicitnya untuk juga diajari tari Topeng.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus