Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pegawai Diskominfo Jabar Harus Pahami Sandi Negara

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22252.JPG

    BANDUNG-Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat (Jabar) Anton Gustoni mengatakan sebagian tugas dari Diskominfo nantinya akan bergeser pada lembaga atau Badan Cyber dan Persandian Negara.

    "Saya ikut seminar di Jakarta dan mengetahui ternyata badan ini memiliki fungsi sangat strategis dan luas. Sebagian fungsinya nanti akan terkait dengan Diskominfo," ujar dia, Senin (3/04).

    Anton menambahkan persandian memiliki fungsi yang luas, mulai dari mengamankan informasi diri sendiri, organisasi hingga negara. Saat ini semua informasi sulit disembunyikan karena semua serba elektronik.

    Seperti halnya KTP-el yang sudah mendata semua warga Indoensia, namun sayangnya server utama ada di Belanda dan India. Jika tidak ada upaya menjaga, maka data penting negara dengan mudah diambil oleh negara lain.

    "Banyak contoh kasus. Misal data pak SBY yang dibobol, lalu saat pemilu AS juga ada dibobol. Jadi posisi sandi negara sangat penting," tegas dia.

    Untuk itu ia meminta kepada ASN di Diskominfo untuk setidaknya memahami tentang sandi negara ini. 

    "Saat ini semua informasi dilakukan melalui email. Jika tidak aman, maka bisa dibobol. Jadi harus paham soal sandi negara," tegas dia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus