Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Sumedang Lepas Peserta STQ

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22258.jpg

    SUMEDANG-Bertempat di lapang upacara kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, Senin (3/4), memimpin apel pagi gabungan sekaligus pelepasan Kafilah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Jawa Barat. Apel gabungan tersebut diikuti oleh seluruh pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah, para Kepala SKPD,  para Camat, kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sumedang, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumedang, Pengurus Baznas, Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), para Official,  Pembimbing dan peserta STQ Kabupaten Sumedang serta para pegawai di lingkungan sekitar IPP.

    Kabupaten Sumedang mengikutsertakan 16 orang peserta STQ, dengan kategori cabang tilawah golongan anak-anak dan dewasa putra putri, cabang tahfidz golongan 1 dan 5 juz dan tilawah putra putri, golongan 10, 20 dan 30 juz putra putri serta cabang tafsir golongan bahasa arab putra putri. STQ tersebut dilaksanakan selama 7 hari pada tanggal 8-15 april 2017 yang bertempat di Pusdai Jawa Barat dan Mesjid Raya Bandung.

    Bupati H. Eka Setiawan mengemukakan, menjelang hari jadi Sumedang April sekarang merupakan moment yang baik untuk intropeksi, mempercantik tampilan Sumedang bahkan mensejahterakan masyarakat. “untuk menyosngsong Sumedang lebih baik lagi, menjelang hari jadi Sumedang ke 439 agar lebih fokus, semangat bekerja dan komitmen pada tupoksi masing-masing sebagai bahan intropeksi demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, tuturnya.

    Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada LPTQ dalam kiprahnya membimbing dan membina bersama bimbingan pelatihan kepada para peserta STQ. ” Mudah-mudahan kegiatan STQ ini bisa  menambah kepercayaan diri dan menjadi nilai tambah sehingga para kafilah bisa mengimbangi bahkan melebihi kapasitas peserta dari daerah lainnya”, ucapnya.

    Melalui STQ, lanjut Bupati, selain pencapaian prestasi, hakikatnya kita berusaha meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Al-Quran. “Melalui STQ ini diharapkan sekurang-kurangnya dapat ikut menggairahkan semua generasi untuk meningkatkan kemampuan dan kecintaan terhadap wujud dan makna yang terkandung dalam Al-Qur’an sehingga bisa meningkatkan pengamalan dan pemahamannya dalam aktivitas keseharian”, pungkasnya.

    Menurut Kabag Sosial H. Agus Suherman dalam laporannya, STQ dimaksudkan sebagai sarana untuk menumbuhkan kecintaan umat islam khususnya generasi muda terhadap Al-Quran mulai dari membaca, memahami, menghafal, menafsirkan, hingga mengaktualisasikan nilai-nilai luhurnya dalam kehidupan dan meningkatkan pemahaman dan kualitas baca tulis Al-Quran. Serta yang menjadi dasar pelaksanaan STQ menurut keputusan Bupati Sumedang nomor 451.15/KEP.431-HUK/2014 tanggal 28 November 2014 tentang Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran tingkat Kabupaten Sumedang periode 2014-2019, keputusan Bupati Sumedang nomor 451.14/KEP.115-HUK/2017 tanggal 23 Februari 2017 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Pengiriman Kafilah Seleksi Tilawatil Quran Kabupaten Sumedang ke tingkat Provinsi Jawa Barat serta surat LPTQ Provinsi Jawa Barat nomor 02/LPTQ-JB/1/2017 tanggal 30 Januari 2017 Perihal Petunjuk Pelaksaan STQ tahun 2017.

    Pelepasan Kafilah STQ yang mewakili Kab. Sumedang tingkat Provinsi Jawa barat secara simbolis oleh Bupati, dengan pemberian pakaian batik dan uang saku.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus