Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar-Australia Sepakat Kerja Sama Pengelolaan Air Bersih

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22268.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Australia Selatan sepakat menjalin kerja sama di bidang pengelolaan air bersih.

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menjelaskan, menjaga dan mengelola air bersih harus dilakukan  sebab ke depannya pihaknya ingin adanya perubahan kultur kesadaran masyarakat. Selain itu, Jabar akan mengadopsi sistem pengelolaan air di Australia.

    "Kita berharap suatu saat ada Citarum Bersih dari hulu, tengah hingga hilir semuanya bersih dan tanpa banjir,"katanya kepada wartawan di Bandung, Senin (3/4/2017)

    Aher berharap, seharusnya sungai terjaga kebersihannya dari hulu ke hilir  dan ada kesepahaman masyarakat dengan perilaku yang menghormati air.

    "Kalau kesepahaman ditambah dengan pola masyarakat yang berubah terhadap air maka pada saatnya kita akan menghasilkan air bersih dari hulu sampai ke hilir,"ungkapnya.

    Aher menambahkan kerja sama ini tidak hanya sebatas teknologi tetapi urusan teknologi berbasis masyarakat kecil termasuk budaya terhadap air.

    "Mudah-mudahan ini mempercepat program citarum bestari,"ujarnya.

    Adapun Menteri Australia Selatan, Martin Hamilton Smith mengatakan, di Australia Selatan sendiri air juga merupakan tantangan yang paling utama karena daerah tersebut dikenal sebagai salah satu daerah dengan kondisi yang paling minim air di dunia.

    "Kami sangat menghitung setiap tetes air karena dikenal di dunia sebagai daerah yang paling minim air,"ungkapnya

    Dia menilai bahwa keberadaan air di Australia selatan bisa dikatakan seperti emas yang memiliki nilai yang tinggi, oleh karena itu harus dijaga kebersihan dan keefektifan pemakaiannya.

    "Air di daerah kami bagaikan emas, sangat berharga sehingga harus efektif penggunaannya,"katanya.

    Smith mengaku Australia akan berbagi pengalaman dengan Jawa Barat tentang bagaimana mengelola air bersih. Jadi perlu regulasi yang tepat dari tingkat nasional, Kabupaten/Kota sampai tingkat masyarakat.

    "Ini dilakukan agar masyarakat mengetahui cara pengelolaan air yang baik,"pungkasnya. (MAT)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus