Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Di Sumedang Ada Cifest

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22269.jpg

    SUMEDANG-Dalam rangka menyambut dan memeriahkan  Hari Jadi Kabupaten Sumedang ke-439 dan Hari Jadi kecamatan Cisitu ke 16 tahun 2017, Badan Kerjasama Antar Desa Kecamatan Cisitu bekerjasama dengan Unit Pengelola Zakat (UPZ) Baznas Sumedang menggelar acara Cisitu Festival (Cifest). Acara tersebut diselenggarakan sekaligus pelaksanaan Sosialisasi dan edukasi zakat, infaq, dan sodaqoh (ZIS) Baznas Kabupaten Sumedang, bertempat di Alun-alun Cisitu, Senin, (3/4).

    Cifest  dihadiri dan dibuka Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan serta didampingi oleh Asisten Pembangunan, Asisten Administrasi, Staf ahli Bidang pembangunan, ekonomi, dan keuangan, kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, H. Teddy Mulyono, SH. M.Si, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Drs. H. Asep tatang sujana, M.Si, Ketua Baznas, H. Ali Bajri, Camat Cisitu beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, ketua UPTD/UPTB, para kepala desa, ketua forum BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa)  Sumedang beserta jajaran, serta unsur terkait lainnya.

    Kegiatan Cifest tersebut diwarnai dengan pameran unggulan produk desa, bantuan sosial, pagelaran seni budaya tradisional, pemeriksaan kesehatan mata gratis, dan juga peresmian waroeng pajak. Adapun peserta dari pameran adalah 10 desa yang berada di kecamatan Cisitu itu sendiri.

    Bupati Eka dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang dilakukan oleh Baznas, BKAD, Serta pemerintah daerah atas terselenggaranya acara tersebut, “Saya merasa kagum banyak produk-produk yang ditampilkan dalam festival ini, mudah-mudahan produk-produk yang ditampilkan ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Cisitu” Ungkapnya.

    Selain itu, Eka juga berharap, bantuan yang disalurkan Baznas bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Cisitu. “Selamat Hari Jadi Cisitu  ke-16, semoga Kecamatan Cisitu semakin maju dan lebih kompak “ Pungkasnya.

    Darmo, selaku ketua forum BKAD Kecamatan Cisitu dalam laporannya menyampaikan bahwa, BKAD Cisitu berdiri sejak tahun 2009  sejalan dengan masuknya program nasional pemberdayaan masyarakat. “ Pada tahun 2009 BKAD mendapatkan modal SPP sebesar Rp.210.900.000,-  (Dua Ratus Sepuluh Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah )Dan sampai saat ini aset dan modal tersebut tercatat sampai akhir tahun 2016 sebesar Rp. 2.567.679.322,- (Dua Milyar Lima Ratus Enam Puluh Tujuh Juta Enam Ratus Tujuh Puluh Sembilan Ribu Tiga Ratus Dua Puluh Dua Rupiah) Dengan perolehan surplus Tahun Anggaran 2016 Sebesar Rp.200.920.650 (Dua Ratus Juta Sembilan Ratus Dua Puluh Ribu Enam Ratus Lima Puluh Rupiah)” Papar Darmo.

    Masih menurut Darmo, adapun maksud dan tujuan diselenggarakan nya acara Cisitu Festival adalah dalam rangka menyampaikan informasi, program, dan kegiatan BKAD Selama tahun 2016. “ Pasca berakhirnya PNPM tahun 2014, BKAD beserta unit-unit kelembagaan BKAD mengalami hambatan dan permasalahan, khususnya dari aspek legalitas,kelembagaan danpengelolaan aset. Alhamdulillah, bapak Bupati telah dengan cepat mengeluarkan perbup no 37 tahun 2016, sehingga permasalhan tersebut cepat teratasi “ Ujarnya.

    Sementara itu, Ali bajri dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ZIS merupakan salah satu pertanggung jawaban BAZNAS Sumedang dalam rangka syiar islam “ Roadshow penyaluran ZIS ini, telah berhasil mengunjungi 25 Kecamatan, saya bersyukur kepada ALLAH SWT, karena kegiatan ini, selain menjadi ajang silaturahmi, juga sebagai alat bantu kami selaku pihak yang diberi kepercayaan oleh masyarakat dan juga oleh pemerintah daerah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di Sumedang“ Kata Ali.

    Santunan yang diterima oleh kecamatan Cisitu salah satunya adalah santunan yang diberikan untuk 2 unit rumah rutilahu (RUTILAHU), santunan untuk 20 orang anak yatim, santunan untuk 50 orang kaum dhuafa, serta 1 unit bantuan sarana prasarana keagamaan.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus