Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengerjaan Jembatan Rawayan Ditinjau Gubernur dan Bupati Sumedang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22315.JPG

    SUMEDANG-Pembangunan Jembatan Rawayan yang terletak di Dusun Pasir Ipis Desa Karangbungur Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang, pengerjaannya ditinjau Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang didampingi oleh Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah Priangan serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat terkait, Selasa, (4/4).

    Kedatangan Ahmad Heryawan atau lebih akrab dengan panggilan Aher di Desa Karangbungur saat itu, disambut Bupati Sumedang, Eka Setiawan, Asisten Pembangunan Dede Hermasyah, Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Gungun, Kadis Pekerjaan Umum (Binamarga, Sumberdaya Air dan tata ruang), Sudjatmoko, Kadis Peternakan dan Perikanan Ade Guntara, Camat Buahdua Tono Suhartono, para Kabag di lingkup Setda serta Kepala Desa Karangbungur.

    Pembangunan Jembatan Rawayan yang akan menghubungkan dua Kecamatan yaitu Kecamatan Buahdua dengan Kecamatan Surian itu sendiri diinisiasi oleh Badan Vertical Rescue Federasi Panjat Tebing Indonesia, menggunakan biaya secara swadaya dengan perkiraan akan menghabiskan dana sebesar 20 juta rupiah.

    Kemal, salah seorang petugas pada Vertical Rescue Indonesia (VRI) yang turut terlibat dalam pembangunan jembatan dengan panjang lintasan sepanjang 60 Meter tersebut mengungkapkan, jembatan rawayan yang dibangunnya tersebut akan segera bisa dipergunakan warga dari kedua Kecamatan untuk melintasi Sungai Cikandung dalam beberapa hari kedepan. “Pengerjaan Jembatan rawayan biasanya memakan waktu kurang lebih sekitar lima hari, dan dalam beberapa hari kedepan jembatan ini sudah bisa digunakan oleh warga,”Ujar Kemal.

    Sementara itu, selepas meninjau jembatan rawayan yang didahului dengan melepaskan sebanyak 600 ribu benih dari berbagai jenis ikan di Sungai Cikandung serta penyerahan 500 bibit pohon untuk ditanam warga yang merupakan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Aher mengatakan bahwa Ia mengapresiasi VRI yang telah berinisiatif untuk membangun jembatan rawayan yang dilakukan di Jawa Barat termasuk di Desa Karangbungur yang Ia tinjau saat itu.

    “Keberadaan jembatan rawayan dengan konstruksi baru atas prakarsa VRI ini tentunya akan sangat membantu bagi warga yang ingin melintas, dan apabila ini sudah selesai, maka akan menjadi jembatan rawayan ke dua puluh yang berada di Jawa Barat. Namun demikian, kedepan jembatan-jembatan rawayan ini harus dilakukan standarisasi dan verifikasi oleh Dinas Pekerjaan Umum, sehingga pemerintah kedepan baik dari APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten yang bersangkutan dapat turut mendorong dalam hal pembangunan jembatan rawayan ini,”Ucap Aher yang diamini Bupati Eka.

    Berkaitan dengan pelepasan benih ikan yang ia lakukan, Aher berharap masyarakat Kab. Sumedang khususnya warga Desa Karangbungur dan sekitarnya untuk turut menjaga keseimbangan biota sungai Cikandung. “Saya harap dalam tiga bulan kedepan benih ikan yang disebar akan segera bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga, namun demikian saya berharap kepada masyarakat khususnya dalam hal pemanfaatannya agar tetap memperhatikan keseimbangan biota Sungai, dan dilarang menangkap ikan dengan menggunakan portas atau sejenisnya,”Tukasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus