Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bayi Arif Operasi Jantung Tahap Pertama

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22347.jpg

    BANDUNG-Melalui program Sharing Happiness, Rumah Zakat menyalurkan bantuan untuk biaya operasi Muhammad Zaenal Arifin, seorang bayi yang lahir dengan kelainan jantung. Dalam program tersebut, terkumpul donasi sebanyak Rp 390 juta yang kemudian digunakan untuk operasi tahap pertama Arif.

    “Menurut keterangan dokter, jantungnya tidak berfungsi dengan baik dikarenakan organ jantung bilik kiri bayi tersebut sangat kecil, sehingga kinerja jantungnya tidak optimal. Selain itu, saluran pembuluh darah yang menghubungkan jantung untuk mensuplai oksigen dan darah tidak tumbuh, sehingga menghambat sirkulasi dan asupan oksigen ke organ lainnya,” ujar Syihab, Relawan Rumah Zakat Bandung, Kamis (6/4).

    Kondisi tersebut membuat Arif harus menjalani perawatan intensif dan beberapa kali harus melakukan operasi bedah jantung. Meskipun usianya belum genap satu tahun, akan tetapi dokter menyarankan untuk mengambil tindakan operasi jantung yang dilakukan sebanyak 3 kali.

    Arif lahir dari keluarga sederhana, ayahnya merupakan seorang buruh harian lepas dengan penghasilan yang tidak menentu. Biaya operasi tersebut tidaklah murah, setiap satu kali operasi diperkirakan bisa menghabiskan dana sebesar Rp100 juta. Biaya tersebut belum termasuk biaya obat dan perawatan intensif yang harus dijalani Arif.

    “Saat ini Arif masih dirawat di RSCM di bawah penanganan dokter spesialis. Kondisi kesehatannya mulai membaik, jantungnya kini dapat berfungsi meskipun belum 100 persen normal dan masih membutuhkan beberapa peralatan medis untuk menunjang kehidupannya. Perawatan Arif akan terus diupayakan hingga ia dapat hidup normal seperti bayi-bayi lainnya,” pungkas Syihab. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus