Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Jabar - UI Jalin Kerjasama Pendidikan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22377.JPG

    DEPOK-Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Universitas Indonesia menandatangani nota kesepakatan bersama terkait kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pembangunan di Jawa Barat.

    Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) dengan Rektor UI Muhammad Anis di Auditorium Fakultas Hukum UI Depok, Jumat (07/04/2017).

    Jalinan kerjasama ini antara lain pemberian hibah riset sebesar Rp 1,15 Milyar dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Jabar kepada periset UI yang akan mengkaji pembangunan Jabar bagian selatan dalam bidang spasial, kesehatan, sosial dan ekonomi.

    "Tahun kemarin kita ada kerjasama sekarang kerjasama lagi," kata Aher.

    Untuk kerjasama dalam pembangunan di Jabar selatan khususnya sektor kelautan, pihak UI akan melakukan riset tentang kehidupan masyarakat di daerah pesisirnya.

    "Tentu temanya UI sudah menentukan nanti akan kita lihat hasilnya. Yang akan fokus ke masyarakat di pesisirnya, kalau untuk kelautan atau pertanian itu sama IPB dan ITB," ungkapnya.

    Tak hanya itu, Pemprov Jabar juga memberikan hibah kendaraan untuk operasional UI, yaitu 5 unit bus dan 1 unit commuter senilai Rp 4,5 Milyar.

    Selain itu, sebagai dukungan dalam pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UI, Pemprov Jabar menyediakan akses masuk ke rumah sakit tersebut melalui jalan tol yang  saat ini tengah dibangun.

    "Ketika UI sedang membangun rumah sakit pendidikan kita tentu mendorong karena kita sadar betul bahwa ketika rumah sakit ini dibangun tentu akan dimanfaatkan oleh masyarakat jabar sendiri kan," tutur Aher.

    Selain di UI, rumah sakit pendidikan yang bekerjasama dengan Pemprov Jabar yaitu RS Hasan Sadikin dan RS Al-Islam di Bandung.

    Rektor UI, Muhammad Anis menuturkan, kerjasama ini selaras dengan peran UI dalam meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan pemerintah, universitas dan industri atau disebut triple helix.

    "Terima kasih, Beliau sangat peduli dengan pendidikan. Untuk RS Pendidikan ini akan menjadi rumah sakit berstandar internasional tercanggih di Jabar, nanti kita akan soft launching kan," ujar Anis.

    Ia berharap, sinergitas antara UI dan Pemprov Jabar dapat mendorong optimalisasi pelaksanaan program tridarma program Perguruan Tinggi serta implementasi rencana pembangunan jangka panjang Pemprov Jabar tahun 2005-2025.

    Usai penandatanganan kerjasama, Gubernur Aher memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa UI dan masyarakat umum dengan topik "Membangun kemitraan Triple Helix dalam meningkatkan daya saing daerah".

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus