Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Buka Resmi Penyelenggaraan STQ Ke-15 Tingkat Provinsi Jawa Barat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22388.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat membuka secara resmi Penyelenggaraan Seleksi Tilawatul Qur'an (STQ) Ke-15 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017, Sabtu (8/4) malam, bertempat di Halaman Masjid PUSDAI Jabar. Pembukaan STQ ke-15 ini ditandai dengan pemukulan alat kesenian "jimbe", disaksikan Sekda Prov.Jabar, Iwa Karniwa, Kepala Kanwil Depag Prov.Jabar dan Asisten Kesejahteraan Rakyat, Koesmayadi selaku Ketua Umum Penyelenggaraan STQ.

    Menurut Koesmayadi dalam laporannya, bahwa STQ kali ini akan memilih satu orang dari cabang-cabang yang dipertandingkan, yaitu : tilawah, hifzil qur'an dan mufasir bahasa Arab masing-masing untuk putra dan putri yang nantinya akan menjadi utusan Jawa Barat pada STQ Tingkat Nasional pada bulan Juli Tahun 2017 di Kalimantan Utara. Jumlah peserta yang ikut seleksi sebanyak 720 orang utusan dari daerah Kab/Ko se-Jawa Barat. Penyelenggaraan STQ akan berlangsung dari Tanggal 8 hingga 13 April 2017 dan bertempat di Masjid Raya Provinsi, Masjid Al Muttaqien Gedung Sate dan di Masjid PUSDAI Jabar.

    Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya kembali menegaskan, bahwa Al Qur'an adalah pedoman hidup bagi ummat Islam. Kemudian Gubernur membacakan hadits Rasulullah SAW : "kutinggalkan dua peninggalan yang apabila kamu berpegang teguh pada dua peninggalan itu, maka tidak akan tersesat selamanya di dunia dan akhirat, yaitu Kitabullah dan sunnah",  dan oleh karena itu agar Al Qur'an menjadi pedoman serta "hujjah bagi kita", maka Al Qur'an itu harus sering dibaca, dipelajari dan berikut diamalkan. "Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada ummatnya untuk membaca dan menamatkan bacaan Al Qur'an paling tidak selama satu bulan (30 hari). Ini berarti setiap hari kita mesti membaca al qur'an minimal satu juz, ujar Gubernur.

    Ditekankan oleh Gubernur Ahmad Heryawan, bahwa penyelenggaraan STQ ini bukan hanya sekedar memenuhi agenda rutin tahunan saja, tapi harus dijadikan suatu momentum untuk menyebarluaskan semangat ber-Al Qur'an, untuk menyebarluaskan semangat membacanya, dan untuk menyebarluaskan semangat memahami dan mengamalkan Al Qur'an. Dengan demikian, kita telah memakmurkan Al Qur'an dan membumikannya, pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus