Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Magang Perusahaan Diikuti 543 Peserta

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22491.jpg

    KARAWANG-Hari ini tanggal 13 April 2017, bertempat di Plaza Pemda Karawang, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, M. Hanif Dhakiri, melepas 543 peserta magang ke perusahaan di Kabupaten Karawang.  

    Pelepasan secara resmi ditandai dengan penyematan tanda peserta magang oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, M. Hanif Dhakiri dengan sebelumnya dilakukan penandatanganan MoU antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan perusahaan, dengan penandatanganan perjanjian pemagangan antara peserta magang dengan perusahaan, di saksikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, didampingi oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadianna, Wakil Bupati Karawang selaku Ketua Vokasi dan Produktivitas Industri Kabupaten Karawang, Ahmad Zamakhsyari, dan Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang Suroto.

    Bupati Karawang dalam sambutannya menyampaikan masalah ketenagakerjaan adalah isu pertama yang sedang didengungkan dan diperjuangkan oleh dirinya dan Wakil Bupati Karawang.

    "Dan semangat serta cita - cita kami untuk menangani masalah pengangguran yang ada di Kabupaten Karawang ini, Alhamdulillah didukung oleh Pemerintah Pusat,"ujarnya.

    "Oleh karena itu, dengan arahan dari Bapak Menteri, kami Pemerintah Daerah berharap anak - anak muda di Kabupaten Karawang mampu menjdi anak -anak muda yang berprestasi dan dapat bekerja di perusahaan di Kabupaten Karawang,"tutupnya.

    Menteri Tenaga Kerja RI, M. Hanif Dhakiri mengatakan pelepasan pemagangan ini merupakan salah satu langkah lanjutan dari program nasional yaitu Program Pemagangan Nasional Menuju Indonesia yang kompeten, dimana sebelumnya sudah di deklarasikan oleh Presiden Joko Widodo.

    "Terima kasih banyak kepada pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Apindo, Kadin, dan pihak perusahaan sehingga program pemagangan nasional ini terwujud secara konkritnya,"ucapnya.

    Menteri Tenaga Kerja RI menyebutkan, Kabupaten Karawang sudah start dengan sekitar 672 orang peserta yang dimagangkan di 22 perusahaan, dengan tujuan utama adalah untuk melakukan percepatan peningkatan kompetensi dari tenaga kerja yang ada di Kabupaten Karawang.

    "Sehingga makin banyak anak - anak Kabupaten Karawang untuk dapat meningkatkan keterampilannya melalui program pemagangan nasional ini,"ujarnya.

    Oleh karenanya, Menteri Tenaga Kerja menambahkan, pemagangan ini dibuat secara terstruktur dan sistematik dimana para peserta magang nanti berorientasi kepada jabatan- jabatan tertentu sesuai dengan ketersediaan pekerjaannya di perusahaan.

    "Nanti kedepannya sertifikat kompetensi ini yang lebih dominan, dimana nantinya syarat syarat bekerja itu bukan ijasah tapi sertifikat kompetensi dan pengalaman kerja,"jelasnya.

    Terakhir Menteri Tenaga Kerja mengungkapkan, bahwa program pemagangan nasional ini memiliki target 163000 peserta di seluruh Indonesia. Dengan fokus utama di kawasan - kawasan industri, dengan tetap mempersiapkannya untuk yang berada diluar kawasan.

    Turut hadir dalam acara tersebut, Dandim 0604/Karawang, Letkol inf. Ayi YosYossa, Staf Ahli dan Asisten Daerah 1, 2 dan 3 Kadisnakertrans Suroto, Para Kepala Perangkat Daerah, perwakilan Kajari Karawang, perwakilan Polres Karawang, ketua Kadin Karawang, Ketua Apindo Karawang, Ketua HRD Perusahaan-Perusahaan se-Kabupaten Karawang, Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang, perwakilan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia beserta para pimpinan perusahaan.

    Berikut adalah 22 nama perusahaan yang telah berkomitmen dalam Program Pemagangan Nasional hari ini:
    1. PT. TOYOTA (TMMIN)
    2. PT. ONAMBA Indonesia
    3. PT. Kasai Tech
    4. PT. Indoplat
    5. PT.Minda Asian
    6. PT. Supersteel
    7. PT. Central Motor Wheel
    8. PT. TVS Motor
    9. PT. Chemco
    10. PT. Meira
    11. PT.Mitsui Kinzoku
    12. KIIC
    13. PT. Abe Kogyo
    14. PT. Aica Indonesia
    15. PT. Fuji Seat
    16. PT. Sumisho Global
    17. PT. HM Sampoerna
    18. PT. Honda Logistic
    19. PT. Hanastarindo
    20. PT. Nichirin
    21. Transmart
    22. PT. Sumisho Global
    (Nna).

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus