Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ziarah Bupati Sumedang ke makam para leluhur

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22529.jpg

    SUMEDANG -Dalam memperingati Hari Jadi  ke-439, seperti tahun-tahun sebelumnya, Bupati H. Eka Setiawan, mengunjungi salah satu makam leluhur Sumedang yang ada di Dayeuh luhur. Bupati datang didampingi oleh jajaran pemerintah Kabupaten Sumedang, TNI/POLRI, Satpol PP, Korpri, Ormas serta unsur terkait lainnya, Senin, (17/4).

    Ziarah dilaksanakan setelah Bupati dan jajaran melaksanakan upacara Hari Jadi Sumedang yang bertempat di Alun-alun Sumedang, Bupati berkesempatan berjiarah dan memanjatkan do’a di makam Prabu Geusan Ulun  (Rd. Angkawijaya). Rd Angkawijaya merupakan Raja Sumedang Larang yang lahir pada tanggal 19 Juli 1558 M, memimpin kerajaan Sumedang Larang terhitung tanggal 18 November 1579 M sampai dengan tahun 1601 M dan wafat tahun 1605 M, serta makan Ratu Harisbaya, yang merupakan permaesyuri dari raja Pangeran Geusan Ulun yang wafat tahun 1605  M. Nono Sutisna selaku kuncen berkesempatan memimpin do’a dilanjutkan tabur bunga.

    Selesai tabur bunga, rombongan Bupati melanjutkan ziarah ke makam H. Endang Sukandar,  yang berada di lingkungan Sindang Palay. Sedangkan untuk rombongan lainnya, berkesempatan mengunjungi makam Gunung Puyuh, makam pasarean Gede, serta makam Batu Reok.

    Bupati dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapan untuk Sumedang kedepannya. ”Sumedang ini 400 tahun kebelakang pernah menjadi kabupaten besar, kita harapkan Sumedang kedepannya bisa menjadi kabupaten yang lebih baik lagi. Ziarah ini dimaksudkan untuk mengingat kembali jasa-jasa para pendahulu kita, Prabu Geusan Ulun adalah Prabu yang mendapatkan amanah dari Raja Pajajaran untuk melanjutkan kepemimpinan Pajajaran. Dalam kesempatan ini kita do’akan mudah-mudahan beliau mendapatkan tempat yang terhormat di sisi Allah SWT”, Pungkasnya.

    Ziarah ini diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi Sumedang ke-439 tahun 2017 yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 8 Mei 2017.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus