Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Safari Gemar Membaca

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22595.jpg

    SUMEDANG- Para kepala desa di wilayah Kabupaten Sumedang, diimbau supaya menyediakan perpustakaan desa di setiap kantornya. Imbauan tersebut disampaikan, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, dalam acara Safari Gerakan Nasional Gemar membaca, di Gedung KGS, Kamis, (20/4).

    Bupati menghadiri Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dengan didampingi Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI, Drs. H. Dedi Junaedi, M.Si, Komisi X DPR RI, H. Dony Ahmad Munir, ST, MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat, Hj. Tati Iriani, SH, MM, Kepala Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang, Drs. H. Eem Hendrawan, MM. Pd, tokoh masyarakat, budayawan, serta unsur terkait lainnya.

    Sementara itu, Bupati Eka dalam sambutannya menyampaikan, Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca adalah peristiwa yang dinilainya sangat penting. Menurut Eka, kemajuan suatu bangsa salah satunya tergantung dari kebiasaan masyarakatnya untuk gemar membaca. “Dalam perkembangannya, negara ini akan maju kalau memang masyarakatnya juga berpendidikan. Negara kita sudah cukup maju dengan jumlah penduduk 260 jt, dan sudah mencapai  situasi seperti ini merupakan salah satu dari kegiatan gemar membaca” Ujar Eka.

    Disampaikan Eka, kegiatan gemar membaca di Kabupaten Sumedang dinilai mengalami banyak penurunan, hal tersebut terjadi karena banyaknya aktifitas lain yang dikerjakan selain membaca ”Masyarakat zaman sekarang, terutama anak-anak sekolah, kebanyakan menghabiskan waktu dengan menggunakan gadget serta smartphone daripada membaca. Ini tandanya ada perubahan zaman, contohnya anak-anak sekarang sudah jarang ada kegiatan merangkum disekolahnya. Untuk mensiasati agar anak gemar membaca, maka diperlukan peranan orang tua sebagai lingkup keluarga yang dianggap paling efektif dan strategis guna menciptakan  generasi yang cerdas, berwawasan yang luas, serta mampu bergaul di dunia modern”, Papar eka.

    Masih pada kesempatan yang sama, Bupati Eka menyampaikan bahwa membaca dapat membuka wawasan, menambah pengetahuan, serta meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan kepercayaan diri, “Mudah-mudahan, kita semua mempunyai kepedulian terhadap bangsa. Salah satunya dengan memikirkan cara untuk menggerakan anak-anak supaya gemar membaca”, Tukas Eka.

    Senada dengan Eka, acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca menurut Dedi, merupakan salah satu  komitmen Bupati akan pentingnya perpustakaan dalam rangka menumbuhkembangkan gemar membaca dan kegiatan ini terlaksana dapat terlaksana dikarenakan adanya kerjasama antara perpustakaan daerah, perpustakaan provinsi serta Perpustakaan Nasional,  dan juga atas dukungan dari komisi X DPR RI  untuk mensosialisasikan kegiatan gemar membaca. Menurut dedi, berdirinya negara Republik Indonesia sesuai dengan tujuannya yaitu, melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, menjaga ketertiban dunia. Kemudian lanjut Dedi, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, yang sampai saat ini dirasakan belum maksimal, dikarenakan masih kurangnya minat baca dimasyarakat. selain itu, kendala yang lainnya adalah masih banyaknya penduduk yang  tinggal dipelosok daerah. “Banyak survey dan juga penelitian internasioanal yang menyatakan, bahwa masih banyak masyarakat indonesia interaksinya masih rendah. Bahkan ada yang menyatakan bahwa negara indonesia merupakan negara yang memiliki literasi di urutan rendah.

    Oleh karena itu, menurut Dedi kita semua harus  melawan semua pernyataan itu dengan berperan aktif untuk membuktikan bahwa literasi minat baca di indonesia semakin meningkat, baik di perkotaan, maupun di desa. “Kalau budaya minat baca tinggi, saya yakin tantangan mengatasi kemiskinan bisa teratasi”, Kata Dedi.

    Dalam kesempatan tersebut, Dedi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati, dan juga komisi X DPR RI atas dukungannya kepada Kabupaten Sumedang. “Mudah-mudahan, di tahun 2017 bantuan-bantuan untuk Kabupaten Sumedang semakin meningkat. Untuk meningkatkan minat baca, bukan hanya merupakan tugas pemerintah daerah saja, tetapi tugas seluruh lapisan masyarakat”, Pungkasnya.

    Disela-sela acara tersebut,  Perpustakan Nasional memberikan satu unit mobil perpustakaan keliling kepada Perpustakaan Daerah Sumedang sebagai fasilitas yang dapat digunakan Perpustakaaan Daerah untuk menjangkau masyarakat luas. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus