Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sumedang Kini Berusia 439 tahun

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22638.JPG

    SUMEDANG-Tepat pada hari Sabtu 22 April 2017 ini, Sumedang telah genap berusia 439 tahun. Usia yang cukup matang tentunya bagi suatu daerah, sebab selama kurun waktu hampir empat setengah abad ini pasti akan banyak peristiwa-peristiwa sejarah bermakna yang telah terlewati. Sejak kelahirannya sampai sekarang, perjalanan sejarah tentang kebesaran Sumedang ini memang sudah dikenal cukup luas, hal ini sejatinya patut diteladani oleh semua pihak termasuk oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.
     
    Paparan singkat tersebut dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra saat mengawali Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sumedang dalam Rangka Hari Jadi Sumedang ke-439, yang diselenggarakan di Gedung Negara, Sabtu (22/4).

    Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD memimpin langsung jalannya rapat paripurna istimewa yang diikuti oleh lebih dari 2/3 anggota DPRD dan dihadiri ratusan tamu undangan, diantaranya perwakilan anggota DPR RI, Kepala Badan Koordinasi Pembangunan wilayah IV Provinsi Jawa Barat  Ir. Dedi Mulyadi, Perwakilan DPRD Jawa Barat, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, Sekda Sumedang H. Zaenal Alimin, Unsur Forkopimda Kab. Sumedang, jajaran Pejabat Sumedang, Serta ratusan tamu undangan lainnya.

    Di awal pelaksanaan rapat, dibacakan uraian singkat sejarah singkat Sumedang  oleh Tyara Ayu Syaharani dan Ahmad Iqbal Mendayun. Pembacaan sejarah singkat tersebut dimaksudkan sebagai upaya pemberitahuan sekaligus untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang perjalanan lahirnya Sumedang. Disamping itu, “Kasang tukang” Sumedang ini sengaja dibacakan  untuk memberi inspirasi serta memotivasi masyarakat atas kebesaran dan kejayaan Sumedang di masa lalu.

    Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan  bahwa peringatan Hari Jadi Sumedang adalah bukti nyata hasil kemitraan antara pihak eksekutif dan legislatif  dalam menyatukan seluruh aspek politik, ekonomi, serta sosial budaya yang tertuang dalam kebijakan daerah, yang pada akhirnya bermuara pada upaya dan komitmen untuk membangun Kabupaten Sumedang secara bersama-sama.

    Masih menurut Eka, hari jadi hendaknya bisa menjadi bahan refleksi bagi semua pihak. Dengan harapan hasil refleksi tersebut nantinya bisa membawa semangat pembenahan dengan tetap menjaga suasana aman, tentram, dan damai sehingga setiap tahapan pembangunan bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.  “Sidang paripurna ini, jelas menjadi sangat istimewa ketika seluruh jajaran stakeholder yang ada di Kabupaten Sumedang baik pemerintah, swasta, dan segenap elemen masyarakat mampu melakukan refleksi”, Kata Eka saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Hari Jadi Sumedang.

    Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Pembangunan wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Ir. Dedi Mulyadi, yang datang mewakili Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Kabupaten Sumedang  dengan usia 439 tahun diyakini sudah berupaya maksimal untuk menghadirkan kebermaknaan pembangunan yang tentunya sudah  dapat dirasakan oleh masyarakat. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan dilaksanakannya agenda pembangunan daerah sesuai dengan peraturan secara konsisten dan konsekuen.

    Kemudian lanjut Dedi, berbagai kemajuan dan prestasi yang diwujudkan oleh Kabupaten Sumedang, sudah diakui dan diapresiasi oleh pihak lain, sehingga Kabupaten Sumedang telah banyak mendapatkan penghargaan baik dari Lembaga Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Provinsi, maupun lembaga non pemerintahan.  ”Saya ucapkan selamat dan juga apresiasi kepada segenap jajaran pemerintah Kabupaten Sumedang atas berbagai prestasi yang telah berhasil diraih. Salah satu prestasi yang sudah diraih yaitu dengan berhasilnya meraih nilai tinggi (T) atas  Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015 selama 2 tahun  berturut-turut sejak tahun 2014. Semoga hal itu dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang,”Pungkasnya.  

    Perlu diketahui, sebelum rapat paripurna dimulai, panitia Hari Jadi Sumedang terlebih dahulu menyelenggarakan acara khitanan massal  disekitar kawasan Gedung Negara. Kegiatan khitanan massal yang diikuti 87 anak tersebut, diselenggarakan atas kerjasama dengan pihak Baznas Sumedang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus