Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Jabar, Harapkan BUMN Berpartisipasi Bina Kewirausahaan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_1210.JPG

     

    Wagub Jabar, H. Dede Yusuf (11/5) ketika membuka BUMN Expo bertempat di Graha Manggala Siliwangi mengatakan BUMN diharapkan dapat berpartisipasi membina kewirausaan khususnya masyarakat di pedesaan.
     
    Partisipasi untuk membina kewirausahaan di Jabar sangat realistis karena pusat-pusat kegiatan pengembangan produk UMKM dan perdagangan  tersebar di beberapa daerah, contoh Garut terkenal dengan produk dodol, Sumedang terkenal dengan produk tahu dan Cirebon terkenal dengan produk batik.
    Fakta tersebut menunjukkan di daerah di Jabar banyak peluang usaha termasuk ada pelaku usaha yang tentunya membutuhkan pembinaan karena prosentase kewirausahaan di Jabar dari jumlah naker hanya berkisar 2%.
     
    Untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan, yang perlu terus didorong adalah menumbuhkan kewirausahaan di desa-desa. Dari sisi akses permodalan tidak perlu dikhawatirkan karena untuk mendukung permodalan UMKM pemerintah untuk di Jabar telah menyediakan dana KUR sebesar Rp.20 triliun.
     
    Dari jumlah dana tersebut, diantaranya Plafon KUR ada di BJB sebesar Rp. 5 triliun, namun baru dapat disalurkan sebesar Rp.2 triliun. Penyebab belum terserapnya KUR secara maksimal di Jabar disebabkan pelaku usaha tidak tahu cara mengambil KUR sehingga pelaku usaha perlu sentuhan pembinaan.
     
    Kegiatan pembinaan UMKM diantaranya melalui PKBL di Jabar perlu terus didorong karena potensinya sangat besar, karena untuk jumlah koperasi mencapai 22.000. PKBL, yang diantaranya dilakukan melalui fasilitasi promosi seperti melalui BUMN Expo, ke depan diharapkan dapat dilakukan melalui road show, jadi tidak hanya dilakukan di Kota Bandung saja. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus