Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jamsostek Mulai Garap Sektor Informal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/jamIMG_1420.jpg

    BANDUNG – PT Jamsostek Jabar sekarang sudah mulai menggarap tenaga kerja sektor informal untuk menjadi anggota Jamsostek. Kepala Kantor Wilayah 4 Jamsostek Jabar Ilyas Lubis mengatakan, pekerja sektor informal di Jaw Barat mencapai lebih dari 30 ribu orang.

    “Sudah dua tahun terakhir kita menggarap pekerja sektor informal seperti nelayan, tukan ojek, supir angkot, PKL dan lain-lain. Contohnya di Kabupaten Purwakarta tahun lalu, sekitar 22 ribu pekera sosial dan non formal semuanya dimasukan Jamsostek dengan biaya dari APBD” ujar Ilyas, Rabu (11/5).

    Menurut Ilyas, pekerja informal itu jumlahnya lebih besar dari pkerja formal, persentasenya mencapi 60 persen. Sedangkan mereka juga tetap berhak mendapatkan jaminan sosial.

    “Perbandingan jumlah pekrja informal dan formal 60 banding 40 persen. Sedangkan mereka juga termasuk orang yang berhak menerima jaminan sosial, yang masuk dalam kategori Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja, atau TKLHK” katanya.

    Untuk menambah jumlah pekerja sektor informal menjadi anggota Jamsostek, Ilyas mengatakan akan meningkatkan sosialisasi pada para pekerja non formal. Status keikut sertaan pekerja non formal atau pekerja sosial itu sifatnya sukarela, bukan wajib. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus